XDR vs EDR: Melawan Ancaman Cyber

XDR vs EDR, Keamanan cyber menjadi semakin penting dalam era digital saat ini. Ancaman yang kompleks dan semakin canggih membuat perusahaan harus menggunakan solusi yang tepat untuk melindungi data mereka. Dua solusi yang sering digunakan adalah XDR dan EDR. Artikel ini akan membahas perbedaan dan kelebihan dari kedua solusi ini, serta kapan sebaiknya menggunakannya.

Apa itu XDR vs EDR

Apa itu XDR vs EDR

XDR (Extended Detection and Response) dan EDR (Endpoint Detection and Response) adalah dua solusi keamanan cyber yang sering digunakan oleh perusahaan. EDR adalah teknologi keamanan yang difokuskan pada endpoint, sedangkan XDR adalah evolusi dari EDR dan mencakup beberapa lingkup keamanan. XDR menggabungkan beberapa teknologi keamanan, termasuk EDR, untuk memberikan deteksi dan respons yang lebih luas dalam menghadapi serangan cyber. XDR memperluas cakupan solusi EDR dan mencakup deteksi ancaman di beberapa endpoint dan lingkungan IT.

Baca juga: Spyware: Arti, Cara Kerja, Pencegahannya

Perbedaan XDR dan EDR

Perbedaan XDR dan EDR

XDR (Extended Detection and Response) dan EDR (Endpoint Detection and Response) adalah dua pendekatan yang berbeda dalam hal keamanan informasi dan deteksi serangan. Meskipun keduanya bertujuan untuk melindungi organisasi dari ancaman cyber, mereka memiliki perbedaan yang signifikan dalam cakupan solusi, integrasi, identifikasi ancaman, respons terhadap serangan, dan kemampuan analisis. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci tentang perbedaan antara XDR dan EDR:

Cakupan Solusi

  • EDR hanya fokus pada endpoint, yang mencakup perangkat seperti komputer, laptop, server, dan perangkat mobile. Ini berarti solusi EDR terutama bekerja untuk mendeteksi, mencegah, dan merespons ancaman yang berhubungan dengan perangkat akhir.
  • XDR, di sisi lain, memiliki cakupan yang lebih luas. Selain endpoint, XDR juga mencakup beberapa teknologi keamanan lainnya seperti jaringan, aplikasi cloud, dan infrastruktur IT lainnya. Dengan demikian, XDR dapat memonitor dan menangani ancaman yang berkaitan dengan berbagai aspek lingkungan TI.

Integrasi

  • Salah satu keunggulan utama XDR adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber keamanan. Hal ini memungkinkan XDR untuk menyediakan visibilitas yang lebih komprehensif dan pemahaman yang lebih baik tentang ancaman yang ada.
  • EDR, di sisi lain, terutama terfokus pada endpoint dan mungkin tidak memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan data dari sumber-sumber keamanan lainnya.

Identifikasi Ancaman

  • XDR dapat mengidentifikasi ancaman dari berbagai endpoint dan lingkungan IT. Ini memungkinkan platform XDR untuk melacak serangan yang melintasi beberapa titik masuk dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang kampanye serangan yang lebih luas.
  • EDR hanya mampu mendeteksi ancaman di endpoint tertentu. Meskipun ini memberikan deteksi yang kuat pada titik akhir, ini juga berarti EDR mungkin tidak dapat melacak atau menganalisis serangan yang melibatkan sumber daya lain di lingkungan IT.

Respons Terhadap Serangan

  • XDR memiliki keunggulan dalam memberikan respons yang cepat dan efektif terhadap serangan. Dengan mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber, platform XDR dapat memberikan respons yang lebih terkoordinasi dan lebih holistik terhadap serangan.
  • EDR, meskipun dapat memberikan respons pada endpoint dengan cepat, mungkin tidak memiliki pemahaman yang sama tentang konteks serangan yang lebih luas, yang dapat mempengaruhi keberhasilan respons.

Kemampuan Analisis

  • XDR memiliki kemampuan analisis yang lebih tinggi karena dapat menganalisis data dari berbagai teknologi keamanan. Dengan menggabungkan informasi dari endpoint, jaringan, dan sumber keamanan lainnya, XDR dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang pola serangan dan tren yang mungkin tidak terdeteksi oleh solusi yang lebih terbatas.
  • EDR, sementara itu, terutama terbatas pada analisis pada endpoint. Meskipun ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang serangan yang terjadi pada perangkat akhir, itu juga membatasi kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih luas tentang ancaman yang mungkin ada di seluruh lingkungan IT.

Kelebihan XDR

Kelebihan EDR

XDR (Extended Detection and Response) adalah solusi keamanan yang mengintegrasikan beberapa teknologi deteksi keamanan, seperti Endpoint Detection and Response (EDR), Network Detection and Response (NDR), dan Cloud Access Security Broker (CASB) untuk memberikan perlindungan yang lebih holistik. Berikut adalah beberapa kelebihan XDR:

Integrasi teknologi deteksi

XDR mengintegrasikan beberapa teknologi deteksi keamanan, sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih holistik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah melacak dan mengidentifikasi ancaman keamanan secara efisien.

Analisis data yang lebih luas

XDR memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menganalisis data dari beberapa sumber. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan memahami ancaman keamanan yang lebih luas, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dalam hal mitigasi risiko.

Respons yang lebih cepat

XDR memungkinkan pengguna untuk merespons ancaman keamanan lebih cepat. Hal ini karena XDR dapat mengidentifikasi dan mengatasi ancaman dengan lebih cepat daripada solusi keamanan tradisional yang hanya mengandalkan satu teknologi deteksi.

Integrasi dengan cloud

XDR memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan teknologi keamanan dengan cloud. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengelola dan memantau ancaman keamanan di lingkungan cloud.

Lebih efektif dalam mengatasi ancaman yang kompleks

XDR dapat mengatasi ancaman yang lebih kompleks seperti serangan ransomware dan Advanced Persistent Threat (APT). Hal ini karena XDR menggunakan teknologi deteksi yang lebih canggih dan integrasi data yang lebih luas untuk memberikan perlindungan yang lebih holistik.

Baca juga: Cross Site Scripting (XSS): Cara Kerja, Jenis, Pencegahannya

XDR vs EDR, Kapan Sebaiknya Menggunakannya?

XDR vs EDR, Kapan Sebaiknya Menggunakannya

Ketika memutuskan antara XDR atau EDR, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis organisasi, kebutuhan keamanan, anggaran, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu memutuskan kapan sebaiknya menggunakan XDR atau EDR:

XDR

  • Ideal untuk organisasi besar dengan infrastruktur yang kompleks
  • Cocok untuk organisasi yang menggunakan cloud atau memiliki banyak endpoint yang perlu diawasi
  • Ideal untuk organisasi yang menginginkan solusi keamanan yang terintegrasi
  • Cocok untuk organisasi yang ingin melindungi diri dari serangan yang lebih canggih seperti APT

EDR

  • Cocok untuk organisasi kecil hingga menengah yang memiliki anggaran keamanan yang terbatas
  • Ideal untuk organisasi yang fokus pada proteksi endpoint
  • Cocok untuk organisasi yang ingin mengelola dan memantau aktivitas endpoint secara langsung
  • Ideal untuk organisasi yang ingin mengeksplorasi keamanan endpoint secara mendalam

Pada akhirnya, keputusan untuk menggunakan XDR vs EDR harus didasarkan pada kebutuhan spesifik organisasi dan situasi keamanannya. Baik XDR dan EDR dapat membantu melindungi organisasi dari ancaman keamanan, tetapi memilih solusi yang tepat dapat membantu memaksimalkan efektivitas keamanan dan meminimalkan biaya.

Teknologi EPDR Heimdal Security

Heimdal memiliki dua teknologi Antivirus software tercanggih saat ini: NGAV (Next-Gen Antivirus) dan E-PDR (Endpoint Prevention Detection & Response). Antivirus ini merupakan solusi teratas yang memberikan perlindungan terbaik dari serangan berbagai jenis ancaman, termasuk malware, phishing, dan DDoS, dengan menggunakan teknologi DNS Security/DNS Filtering.

Heimdal Security menggunakan agen yang ringan sehingga tidak memperlambat perangkat. Software ini memiliki sistem deteksi empat lapisan yang dapat mengenali dan mengurangi berbagai jenis malware dan serangan. Selain itu, teknologi anti-brute-force safeguards yang khusus dirancang juga tersedia untuk melindungi perangkat dari pencurian data

CTA ASDF Heimdal

Baca juga: Packet Sniffer: Arti, Kegunaan dari Segi Positif dan Negatif