Tujuan dari Perusahaan Melakukan Preventive Maintenance

Perusahaan memiliki caranya sendiri-sendiri untuk melakukan maintenance pada peralatan atau aset. Dan salah satu dari maintenance tersebut adalah preventive maintenance. Artikel ini akan menjelaskan, apa tujuan dari preventive maintenance berikut penjelasannya.

Apa itu preventive maintenance?

Pemeliharaan preventif adalah jenis pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah di masa depan. Hal ini dapat melibatkan tugas-tugas seperti memeriksa dan mengganti suku cadang yang diketahui aus secara teratur, serta melakukan tugas pembersihan dan inspeksi secara teratur.

Mengapa Pemeliharaan Preventive Penting?

Pemeliharaan preventif penting karena membantu menghindari potensi masalah dan menjaga peralatan tetap berjalan lancar. Dengan memeriksa dan memperbaiki peralatan secara teratur, adalah mungkin untuk mengidentifikasi potensi masalah lebih awal dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Hal ini dapat membantu menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari dan menjaga peralatan berjalan pada efisiensi puncak.

Jenis Preventif Maintenance

Pemeliharaan preventif adalah jenis pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah di masa mendatang. Hal ini dapat mencakup inspeksi, tes, dan penggantian suku cadang yang dijadwalkan secara teratur.

Manfaat Preventif Maintenance

Pemeliharaan preventif adalah jenis pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah. Jenis perawatan ini biasanya dilakukan secara rutin, seperti bulanan atau tahunan.

Pemeliharaan preventif dapat dilakukan pada sistem mekanik dan elektrik. Beberapa manfaat dari pemeliharaan preventif meliputi:

  1. Dengan melakukan pemeliharaan preventif, potensi masalah dapat dideteksi dan diperbaiki sebelum menyebabkan kerusakan.
  2. Pemeliharaan preventif yang teratur dapat memperpanjang umur peralatan dengan menjaganya dalam kondisi kerja yang baik.
  3. Dengan menjaga peralatan dalam kondisi kerja yang baik, risiko kecelakaan dan cedera dapat dikurangi.
  4. Memperbaiki masalah sebelum menjadi terlalu parah dapat menghemat uang untuk perbaikan yang mahal.
  5. Peralatan yang dirawat dengan baik cenderung berjalan lebih efisien, yang dapat menghemat uang untuk biaya energi.

Tujuan Preventive Maintenance

Pengertian dan Tujuan dari Preventive Maintenance

Pemeliharaan preventif adalah sistem kegiatan pemeliharaan terjadwal yang dirancang untuk menjaga peralatan berfungsi dengan baik dan mencegah waktu henti yang tidak terjadwal.

Tujuan preventive maintenance adalah untuk memperpanjang umur peralatan, memastikan keselamatan, menghindari perbaikan yang mahal, dan menjaga produksi berjalan lancar.

Untuk memudahkan melakukan preventive maintenance maka Anda perlu menggunakan software aset manajemen seperti Tag Samurai.

Dimana Tag Samurai bisa digunakan untuk melakukan pendataan aset, pelacakan aset dan juga menjadwalkan maintenance pada aset. Anda tertarik untuk menggunakan software manajamen aset? gratis konsultasi sekarang juga.