Stock Control adalah: Arti, Fungsi, dan Metode

Persediaan, dalam konteks bisnis, adalah harta tersembunyi yang memiliki potensi besar untuk memengaruhi kesejahteraan perusahaan. Stock control atau pengelolaan persediaan, adalah suatu konsep yang penting dan strategis dalam operasi bisnis. Ini melibatkan proses pengawasan, pengendalian, dan pengelolaan barang atau bahan yang digunakan oleh perusahaan dalam produksi atau dijual kembali kepada pelanggan.

Bagaimana Anda mengelola persediaan Anda dapat memiliki dampak signifikan pada efisiensi operasional, arus kas, kepuasan pelanggan, dan profitabilitas perusahaan Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi konsep stock control, mengapa itu penting, berbagai metode dan teknik yang dapat diterapkan, serta bagaimana teknologi mengubah cara perusahaan mengelola persediaan.

Pengertian Stock Control

Stock control atau pengelolaan persediaan adalah proses pengawasan dan manajemen atas semua barang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Persediaan ini dapat mencakup berbagai hal, mulai dari bahan baku yang digunakan dalam produksi hingga produk jadi yang siap dijual kepada pelanggan. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan tingkat persediaan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis tanpa menumpuk persediaan berlebih yang dapat menyebabkan biaya tambahan. Hal ini juga mencakup aspek penting seperti pemesanan persediaan, pemantauan stok, pengendalian kualitas, dan peramalan permintaan.

Baca juga: Tabel RAB: Pengenalan, Manfaat, dan Contohnya

Fungsi Stock Control

Fungsi Stock Control

Stock control atau pengelolaan persediaan memiliki peran yang sangat penting dalam operasi bisnis. Ini bukan hanya tentang menghitung barang-barang yang ada di gudang atau rak-rak toko, melainkan tentang mengoptimalkan aset perusahaan dan memastikan kelancaran seluruh rantai pasokan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa stock control sangat penting dalam dunia bisnis:

Optimasi Biaya

Salah satu alasan utama mengapa stock control penting adalah untuk mengoptimalkan biaya. Persediaan yang berlebihan bisa menjadi beban finansial yang besar, termasuk biaya penyimpanan, asuransi, dan risiko kerusakan atau kerusakan. Di sisi lain, persediaan yang terlalu rendah dapat mengakibatkan hilangnya peluang penjualan. Dengan mengelola persediaan dengan baik, perusahaan dapat meminimalkan biaya persediaan yang tidak perlu dan meningkatkan profitabilitas.

Arus Kas yang Sehat

Stock control membantu menjaga arus kas yang sehat. Dengan mengurangi persediaan berlebih, perusahaan memiliki lebih banyak modal yang dapat digunakan untuk investasi atau pengembangan bisnis lainnya. Ini memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.

Kepuasan Pelanggan

Persediaan yang dikelola dengan baik memastikan bahwa produk selalu tersedia saat pelanggan membutuhkannya. Hal ini sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan. Jika produk selalu habis atau tidak tersedia tepat waktu, pelanggan mungkin akan mencari penyedia lain yang lebih dapat diandalkan.

Efisiensi Operasional

Stock control membantu menjaga efisiensi operasional. Dengan memastikan persediaan selalu tersedia, perusahaan dapat menghindari keterlambatan dalam produksi atau masalah dalam rantai pasokan. Ini memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dengan lancar dan menghemat waktu dan sumber daya.

Pemantauan Kualitas

Stock control juga melibatkan pemantauan kualitas barang. Ini penting terutama untuk produk yang memiliki masa kedaluwarsa atau produk yang harus memenuhi standar kualitas tertentu. Dengan memeriksa persediaan secara teratur, perusahaan dapat memastikan bahwa produk yang dijual kepada pelanggan selalu dalam kondisi terbaik.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dengan data yang akurat tentang persediaan, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang berapa banyak yang harus dipesan, kapan harus memesan, dan kapan harus menjual. Ini membantu perusahaan menghindari pemborosan dan merencanakan lebih efektif.

Pengendalian Kerugian

Stock control juga membantu dalam pengendalian kerugian yang disebabkan oleh pencurian atau kerusakan barang. Dengan pemantauan yang ketat, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Peningkatan Produktivitas Karyawan

Dengan persediaan yang terorganisir dengan baik, karyawan dapat bekerja dengan lebih efisien. Mereka tidak akan kebingungan mencari produk atau bahan yang diperlukan, dan ini dapat meningkatkan produktivitas.

Metode dan Teknik Stock Control

Metode Stock Control

Stock control atau pengelolaan persediaan adalah salah satu aspek yang kritis dalam bisnis. Metode dan teknik yang digunakan untuk mengontrol persediaan dapat memengaruhi efisiensi operasi dan profitabilitas perusahaan. Berikut beberapa metode dan teknik stock control yang umum digunakan:

Metode FIFO (First-In-First-Out)

Dalam metode ini, barang yang pertama masuk ke gudang atau rak akan menjadi yang pertama dijual. Ini cocok untuk produk-produk yang memiliki masa kedaluwarsa atau rentan terhadap kerusakan. Dengan menggunakan metode FIFO, perusahaan dapat memastikan bahwa barang lama digunakan sebelum barang yang lebih baru.

Metode LIFO (Last-In-First-Out)

Berlawanan dengan FIFO, metode LIFO mengutamakan barang yang terakhir masuk sebagai yang pertama dijual. Ini dapat menghasilkan biaya persediaan yang lebih tinggi karena barang-barang yang lebih baru seringkali memiliki harga yang lebih tinggi. Meskipun LIFO umum digunakan untuk tujuan perpajakan di beberapa negara, metode ini dapat mengaburkan nilai persediaan dalam laporan keuangan.

Metode Just-In-Time (JIT)

Metode ini bertujuan untuk mengurangi persediaan sebanyak mungkin dengan hanya memesan atau memproduksi barang saat ada permintaan. Ini mengurangi biaya penyimpanan dan risiko stok usang. Namun, ini juga memerlukan koordinasi yang ketat dengan pemasok dan risiko ketidaktersediaan jika ada lonjakan permintaan.

Metode ABC Analysis

Metode ini mengelompokkan persediaan menjadi tiga kategori berdasarkan nilai relatifnya: A untuk item yang memiliki nilai tinggi tetapi jumlahnya rendah, B untuk item yang memiliki nilai dan jumlah sedang, dan C untuk item yang memiliki nilai rendah tetapi jumlahnya tinggi. Ini membantu perusahaan fokus pada pengendalian yang lebih ketat untuk item A yang lebih berharga.

Metode EOQ (Economic Order Quantity)

Metode ini bertujuan untuk menentukan jumlah pesanan optimal yang harus dibuat untuk mengurangi biaya total persediaan. Ini mempertimbangkan biaya pesanan, biaya penyimpanan, dan tingkat permintaan. Dengan menggunakan EOQ, perusahaan dapat menghindari pesanan yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Perangkat Lunak Manajemen Persediaan

Perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak manajemen persediaan untuk mengotomatisasi banyak aspek pengelolaan persediaan. Ini termasuk peramalan permintaan, pemantauan stok secara real-time, dan pemesanan otomatis saat stok mencapai titik reorder. Perangkat lunak ini juga dapat membantu dalam analisis data persediaan dan pengambilan keputusan.

Penggunaan Barcode dan RFID

Menggunakan teknologi barcode atau RFID (Radio-Frequency Identification) dapat membantu dalam pelacakan persediaan secara akurat dan efisien. Ini memungkinkan perusahaan untuk memantau pergerakan barang dengan cepat dan menghindari kesalahan manusia dalam penghitungan stok.

Penggunaan Penyedia Layanan Logistik (3PL)

Banyak perusahaan mengandalkan penyedia layanan logistik pihak ketiga untuk mengelola persediaan mereka. 3PL dapat mengelola gudang, pengiriman, dan pengelolaan persediaan dengan lebih efisien, memungkinkan perusahaan untuk fokus pada inti bisnis mereka.

Setiap perusahaan dapat memilih metode dan teknik stock control yang sesuai dengan jenis bisnis dan tujuan mereka. Penting untuk terus memantau dan mengevaluasi metode ini untuk memastikan bahwa persediaan selalu terkendali dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan pengelolaan persediaan yang efektif, perusahaan dapat mengurangi biaya, meningkatkan pelayanan pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas mereka.

Baca juga: Rasio Modal Kerja: Definisi dan Cara Menghitungnya

Teknologi dan Stock Control

Perkembangan teknologi telah mengubah cara perusahaan mengelola persediaan mereka. Berbagai inovasi teknologi telah memungkinkan perusahaan untuk melakukan stock control dengan lebih efisien, akurat, dan responsif terhadap perubahan dalam pasar. Berikut adalah beberapa teknologi yang telah memengaruhi stock control:

Perangkat Lunak Manajemen Persediaan

Perangkat lunak manajemen persediaan adalah salah satu alat paling penting dalam stock control modern. Ini dapat membantu perusahaan dalam perencanaan persediaan, pemantauan stok secara real-time, dan pengambilan keputusan berdasarkan data. Sistem ini juga sering dilengkapi dengan fitur-fitur seperti peramalan permintaan, pengingat pemesanan, dan analisis persediaan.

Barcode dan RFID

Teknologi barcode telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengidentifikasi dan melacak barang. Barcode scanner membantu mengurangi kesalahan manusia dalam penghitungan stok dan memungkinkan pemantauan stok yang lebih cepat. RFID (Radio-Frequency Identification) adalah teknologi yang lebih canggih yang memungkinkan identifikasi barang tanpa perlu kontak fisik dengan scanner. Ini menghemat waktu dan meningkatkan akurasi.

Internet of Things (IoT)

IoT memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan perangkat dan sensor ke internet, termasuk perangkat penyimpanan dan peralatan gudang. Ini memungkinkan pengawasan stok secara real-time dan pemantauan kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembaban yang dapat memengaruhi persediaan. Dengan IoT, perusahaan dapat mengambil tindakan segera jika ada masalah dengan persediaan mereka.

E-commerce dan Platform E-fulfillment

Perusahaan yang menjual produk secara online sering mengandalkan platform e-commerce dan e-fulfillment untuk mengelola persediaan dan pengiriman. Platform ini memungkinkan pelacakan stok secara otomatis, pengelolaan pesanan, dan pengiriman yang efisien. Mereka juga dapat terhubung dengan berbagai marketplace online untuk memaksimalkan eksposur produk.

Sistem Penyediaan Otomatis

Sistem ini menggunakan algoritma dan perangkat lunak untuk mengambil keputusan tentang kapan dan berapa banyak pesanan yang harus ditempatkan. Mereka mempertimbangkan faktor-faktor seperti permintaan pelanggan, lead time pemasok, dan tingkat persediaan saat ini. Ini memungkinkan perusahaan untuk menghindari kelebihan stok atau kekurangan stok.

Analisis Data dan Kecerdasan Buatan

Teknologi analisis data dan kecerdasan buatan (AI) dapat membantu perusahaan dalam memahami pola permintaan, memprediksi tren, dan mengoptimalkan strategi persediaan. Mereka dapat memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Aplikasi Seluler

Aplikasi seluler memungkinkan tim operasional dan manajemen untuk memantau stok dan mengambil tindakan dari mana saja dan kapan saja. Mereka dapat menerima notifikasi tentang perubahan stok atau masalah potensial dan mengambil tindakan segera.

Sistem Penyimpanan Otomatis

Sistem penyimpanan otomatis, seperti AS/RS (Automated Storage and Retrieval System), dapat mempercepat proses pengambilan stok dari gudang. Mereka menggunakan robot atau peralatan otomatis untuk mengambil barang dari rak penyimpanan dan mengantarkannya ke staf gudang.

Kesimpulan

Stock control adalah komponen kunci dalam operasi bisnis yang efisien dan sukses. Dengan mengelola persediaan dengan baik, perusahaan dapat mengurangi biaya, meningkatkan arus kas, memenuhi permintaan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi operasional. Teknologi juga berperan besar dalam membantu perusahaan mencapai pengelolaan persediaan yang lebih efektif. Oleh karena itu, pengembangan strategi pengelolaan persediaan yang baik harus menjadi prioritas bagi setiap perusahaan yang ingin mencapai pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang.

Mengapa Anda Membutuhkan Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai

Ingin membawa bisnis Anda ke level berikutnya? Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai adalah mitra terbaik Anda untuk mencapai itu. Mari jelajahi mengapa aplikasi ini adalah jawaban untuk semua kebutuhan manajemen inventaris Anda.

Pemantauan Inventaris Real-time yang Akurat

Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai memungkinkan Anda untuk memantau inventaris dengan tingkat akurasi yang luar biasa. Pemantauan real-time yang canggih memberi Anda visibilitas penuh, sehingga Anda dapat menghindari kekurangan stok atau bahkan kelebihan stok yang merugikan.

Optimalisasi Ruang Penyimpanan

Manajemen stok tidak hanya tentang jumlah, tetapi juga tentang bagaimana Anda menyimpannya. Aplikasi ini membantu Anda mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan Anda, mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu, dan meningkatkan efisiensi.

Analisis Data yang Mendalam

Wawasan yang kuat adalah kunci untuk pengambilan keputusan yang cerdas. Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai memberikan Anda alat untuk menganalisis tren penjualan, mengidentifikasi produk paling laris, dan mengarahkan strategi bisnis Anda dengan lebih baik.

Coba Gratis dan Konsultasikan Kebutuhan IT Perusahaan Anda Bersama Kami

Baca juga: Inklusi Keuangan: Definisi dan Jenis Layanan

Kania Sutisnawinata