Penjelasan : Keamanan Privileged Access Management (PAM)

Keamanan Privileged Access Management (PAM) menjadi hal yang semakin penting dalam era digital saat ini, terutama bagi perusahaan yang mengelola informasi penting dan sensitif.

PAM adalah suatu konsep atau pendekatan yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol akses ke sistem, aplikasi, dan data yang memiliki tingkat akses yang lebih tinggi daripada akses standar atau normal yang diberikan kepada pengguna.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang peran PAM yang sangat penting dalam keamanan informasi, serta bagaimana PAM dapat membantu perusahaan untuk memperkuat keamanan mereka dan memenuhi standar industri yang relevan.

Sekilas Apa itu PAM?

Sekilas Apa itu PAM?

Privileged Access Management (PAM) adalah suatu konsep atau pendekatan yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol akses ke sistem, aplikasi, dan data yang sensitif. Dalam konteks keamanan informasi, “akses yang istimewa” mengacu pada tingkat akses yang lebih tinggi daripada akses standar atau normal yang diberikan kepada pengguna.

Ini termasuk akses ke akun administrator, akses ke sumber daya jaringan, dan hak istimewa lainnya yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengubah informasi penting.

PAM dirancang untuk membantu perusahaan mengurangi risiko keamanan dengan membatasi akses ke informasi sensitif hanya kepada orang-orang yang membutuhkannya dan memastikan bahwa mereka memperoleh akses tersebut hanya selama periode waktu yang diperlukan.

Baca juga: Penjelasan Lengkap: Privileged Access Management Adalah?

Apa itu Insider Threat?

Apa itu Insider Threat?

Insider threat adalah ancaman keamanan yang berasal dari orang yang memiliki akses ke sistem atau informasi rahasia suatu perusahaan. Ancaman ini dapat berasal dari karyawan, kontraktor, atau pihak lain yang memiliki akses ke sistem atau informasi rahasia perusahaan.

Insider threat dapat terjadi secara sengaja atau tidak sengaja, seperti ketidaktahuan terhadap kebijakan keamanan yang berlaku atau kesalahan manusia. Ancaman insider dapat menyebabkan kerugian besar bagi suatu perusahaan, termasuk kehilangan data rahasia, pencurian data pelanggan, atau merusak reputasi perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki strategi keamanan yang efektif untuk mengatasi ancaman insider dan meminimalkan risiko keamanan yang terkait dengan insider threat.

Strategi tersebut dapat mencakup PAM, pelatihan keamanan untuk karyawan, dan pemantauan aktivitas pengguna untuk mendeteksi perilaku mencurigakan.

Peran PAM dalam Keamanan Informasi?

Peran PAM dalam Keamanan Informasi?

Peran PAM dalam keamanan informasi sangat penting karena PAM membantu perusahaan untuk mengelola dan mengontrol akses ke sistem, aplikasi, dan data yang sensitif.

Dengan PAM, perusahaan dapat membatasi akses hanya kepada orang-orang yang membutuhkannya dan memastikan bahwa mereka memperoleh akses tersebut hanya selama periode waktu yang diperlukan. Ini meminimalkan risiko akses yang tidak sah atau penyalahgunaan akses oleh pengguna yang tidak sah.

Selain itu, PAM memungkinkan perusahaan untuk memantau, menganalisis, dan melacak aktivitas pengguna dan akun dengan hak istimewa, sehingga dapat mengidentifikasi dan menanggulangi masalah keamanan yang muncul.

PAM juga dapat membantu perusahaan untuk mematuhi peraturan dan standar industri yang relevan, seperti PCI DSS, HIPAA, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan PAM, perusahaan dapat memperkuat keamanan informasi mereka dengan meningkatkan kontrol akses, membatasi risiko keamanan, serta memastikan bahwa akses hanya diberikan kepada orang yang membutuhkan dan pada waktu yang tepat.

Bagaimana PAM dapat Membantu Perusahaan untuk Memperkuat Keamanan?

Bagaimana PAM dapat Membantu Perusahaan untuk Memperkuat Keamanan?

PAM dapat membantu perusahaan untuk memperkuat keamanan dengan cara-cara berikut:

  1. Kontrol Akses yang Lebih Kuat
    PAM membantu perusahaan untuk mengontrol akses ke sumber daya yang sensitif dengan memberikan hak akses istimewa kepada orang yang membutuhkan dan pada waktu yang tepat. Ini meminimalkan risiko akses yang tidak sah atau penyalahgunaan akses oleh pengguna yang tidak sah.
  2. Melindungi Identitas dan Akses
    PAM memungkinkan perusahaan untuk mengelola identitas dan hak akses pengguna dengan cara yang lebih efektif. PAM dapat membatasi akses ke sistem dan aplikasi hanya kepada pengguna yang memiliki hak akses istimewa, dan memastikan bahwa pengguna tersebut memiliki hak akses yang diperlukan hanya selama periode waktu yang diperlukan.
  3. Memantau Aktivitas Pengguna
    PAM memungkinkan perusahaan untuk memantau aktivitas pengguna dengan hak akses istimewa dan memberikan laporan yang terperinci tentang aktivitas pengguna, termasuk upaya yang gagal untuk mengakses sumber daya. Hal ini membantu perusahaan untuk mendeteksi dan mengatasi aktivitas yang mencurigakan atau tidak sah dengan cepat.
  4. Meningkatkan Kepatuhan dan Keamanan
    PAM dapat membantu perusahaan untuk memenuhi peraturan dan standar keamanan yang relevan, seperti PCI DSS, HIPAA, dan lain sebagainya. Dengan mematuhi standar ini, perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meminimalkan risiko keamanan yang berkaitan dengan data pelanggan dan bisnis.

Efektivitas Keamanan Privileged Access Management (PAM)

Efektivitas Keamanan Privileged Access Management (PAM)

Keamanan Privileged Access Management (PAM) telah terbukti efektif dalam membantu perusahaan untuk memperkuat keamanan sistem informasi mereka.

Dengan mengelola akses dan hak istimewa pengguna yang memiliki akses ke sumber daya yang sensitif, PAM dapat memastikan bahwa hanya orang yang membutuhkan akses yang diberikan, dan hanya pada saat yang dibutuhkan.

Ini membantu mengurangi risiko akses yang tidak sah dan meminimalkan kemungkinan ancaman insider yang berasal dari pengguna yang memiliki akses istimewa.

Selain itu, PAM juga membantu perusahaan untuk memenuhi persyaratan kepatuhan dengan memastikan bahwa semua aktivitas yang dilakukan oleh pengguna dengan hak akses istimewa direkam dan dapat dilacak.

PAM juga dapat membantu perusahaan dalam memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan industri tertentu, seperti ISO/IEC 27001 atau NIST.

Dalam hal pemantauan dan deteksi ancaman, PAM dapat memberikan laporan aktivitas pengguna dan memperingatkan administrator sistem jika terdapat aktivitas mencurigakan. PAM juga dapat membantu dalam mengidentifikasi dan menangani insiden keamanan dengan cepat dan efektif.

Namun, keamanan PAM hanya efektif jika diimplementasikan dengan benar dan dikelola secara teratur. Hal ini membutuhkan pemilihan solusi PAM yang tepat, pelatihan staf yang memadai, dan pemantauan aktivitas pengguna secara teratur.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, PAM dapat membantu perusahaan dalam memperkuat keamanan sistem informasi mereka dan meminimalkan risiko terhadap ancaman keamanan.

Manfaat Keamanan Privileged Access Management untuk Perusahaan

Manfaat Keamanan Privileged Access Management untuk Perusahaan

Privileged Access Management (PAM) memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, di antaranya:

  1. Meningkatkan Keamanan Sistem Informasi
    Dengan membatasi akses dan hak istimewa pengguna, PAM dapat membantu mengurangi risiko akses yang tidak sah, mengekang akses yang berlebihan, serta meminimalkan ancaman insider. Hal ini dapat membantu meningkatkan keamanan sistem informasi dan melindungi aset perusahaan dari ancaman keamanan.
  2. Meningkatkan Kepatuhan
    PAM dapat membantu perusahaan memenuhi persyaratan kepatuhan dengan standar keamanan dan privasi data, seperti PCI DSS, HIPAA, GDPR, dan sebagainya. PAM dapat memastikan bahwa akses yang diberikan kepada pengguna dengan hak istimewa telah diotorisasi dan diawasi dengan benar.
  3. Mengurangi Risiko Keamanan
    Dengan PAM, perusahaan dapat mengurangi risiko terhadap kehilangan data rahasia, pencurian data pelanggan, atau merusak reputasi perusahaan akibat serangan dari dalam perusahaan. PAM dapat membantu dalam melindungi aset penting perusahaan dan meminimalkan dampak dari serangan keamanan.
  4. Meningkatkan Efisiensi
    Dengan PAM, administrator sistem dapat mengelola akses pengguna dengan lebih mudah dan efisien, serta mengurangi beban pekerjaan mereka dalam mengelola hak istimewa pengguna. PAM dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kesalahan manusia.
  5. Melindungi Investasi Teknologi
    PAM dapat melindungi investasi teknologi yang telah dilakukan oleh perusahaan dengan memastikan bahwa penggunaan sumber daya teknologi perusahaan dilakukan dengan cara yang aman dan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Hal ini dapat membantu perusahaan menghindari kerusakan sistem dan memperpanjang umur teknologi yang digunakan.

HEIMDAL™ Privileged Access Management (PAM) & Heimdal Application Control

HEIMDAL™ Privileged Access Management (PAM) & Heimdal Application Control

Privileged Access Management (PAM) HEIMDAL™ adalah sistem terintegrasi yang dirancang untuk membantu perusahaan melindungi data dan sistem mereka dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sistem ini membantu menyederhanakan kerumitan dalam mengelola akses istimewa ke sistem dan aplikasi perusahaan dengan menyediakan satu titik kontrol untuk memberikan hak akses. 

Heimdal Application Control, komponen inti dari HEIMDAL™ PAM, membantu perusahaan mengidentifikasi risiko yang terkait dengan penggunaan aplikasi dan memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki hak akses yang dapat mengakses aplikasi yang sensitif.

Kontrol Aplikasi Heimdal juga menyediakan pemantauan dan peringatan waktu nyata untuk aktivitas yang mencurigakan, sehingga perusahaan dapat selangkah lebih maju dalam menghadapi ancaman.

Dengan pendekatan komprehensif terhadap manajemen akses istimewa, HEIMDAL™ PAM memungkinkan perusahaan untuk mengurangi risiko pelanggaran keamanan sekaligus meningkatkan efisiensi.

Tertarik untuk mencoba Heimdal Security? Kontak tim marketing kami untuk informasi lebih lengkap dan dapatkan demo 30 hari secara gratis!

Dapatkan Demo Heimdal Security Secara Gratis, Untuk Mengetahui Selengkapnya!

Follow LinkedIn ASDF.ID untuk tips dan informasi menarik lainnya terkait cyber security!

Kania Sutisnawinata