Mengenal Inventory Tracking: Jenis hingga Manfaatnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah inventory tracking? Sistem ini memiliki manfaat yang penting bagi perkembangan bisnis Anda. Yuk, simak penjelasannya mulai dari jenis hingga manfaat inventory tracking di dalam dunia bisnis.

Hal yang perlu Anda ketahui tentang inventory tracking adalah sebuah teknologi canggih yang bisa digunakan untuk menelusuri aktivitas aset fisik perusahaan. Anda bisa menggunakan metode ini untuk mencatat inventaris yang ada di perusahaan Anda.

Anda bisa melakukan catat stok barang dengan mudah menggunakan metode ini. Barang yang dimaksud berupa aset fisik yang perusahaan Anda miliki. Misalnya Anda bisa mencatat komputer, furniture, dan alat-alat penting yang ada di kantor Anda.

Cara kerja dari sistem ini menggunakan jaringan internet perusahaan Anda. Anda juga bisa menggunakan sistem barcode untuk mengamankan inventaris perusahaan. Hal ini dapat membantu mencegah hilangnya inventaris penting di perusahaan Anda.

Jenis Inventory Tracking yang Biasa Digunakan

Anda perlu mengetahui jenis teknologi canggih yang biasa digunakan untuk menelusuri aset perusahaan. Beberapa jenis pelacakan inventaris, sebagai berikut:

1. Metode Barcode

 Barcode Tracking

Salah satu jenis pelacakan inventaris yang digunakan adalah barcode inventory system. Metode ini memiliki kemampuan untuk laporan yang lebih efektif. Sistem barcode yang digunakan juga sangat mudah, sehingga tidak akan sulit untuk digunakan.

Barcode yang digunakan untuk pelacakan adalah kombinasi dari huruf dan angka. Anda tidak perlu menggunakan format khusus untuk membuat barcode. Anda bisa mengkombinasikan kode sesuai dengan keinginan Anda.

Tetapi, perlu diingat supaya Anda bisa memudahkan dalam mengenali barcode, maka Anda perlu menyusunnya secara teratur. Hal ini penting supaya Anda bisa mengenali barang dengan kode yang unik dan memiliki kode yang berbeda dengan barang yang lainnya.

Metode ini akan membantu Anda mencatat inventaris kantor dengan mudah hanya dengan menggunakan kode unik dan sistem barcode. Anda tidak akan kesulitan untuk mencatat data inventaris kantor sekarang.

2. Metode RFID

Jenis lain yang bisa Anda gunakan untuk pelacakan inventaris kantor adalah RFID inventory system. Sistem ini bekerja dengan menggunakan frekuensi gelombang radio, cara kerjanya hampir sama dengan metode barcode.

RFID Tracking

Supaya barang bisa dikenali oleh sistem RFID, maka barang-barang yang ingin Anda catat harus di labeli dengan RFID label. Sistem ini membutuhkan alat scanner yang bisa membaca barcode RFID pada barang yang telah dilabeli.

Sistem canggih ini akan membaca sinyal yang diberikan oleh RFID label. Sehingga proses pembacaannya sangat cepat karena menggunakan gelombang radio. Selain itu, label yang digunakan juga aman dan tahan air sehingga tidak akan cepat rusak.

3. Metode NFC

Metode NFC juga bisa digunakan sebagai teknologi bisnis yang canggih untuk melakukan pelacakan inventaris kantor. Penelusuran aset ini hampir sama dengan sistem RFID tetapi jangkauannya lebih pendek.

Metode pelacakan aset ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan biasanya digunakan untuk melacak aset-aset penting yang dimiliki oleh perusahaan. Metode ini dapat membantu Anda melacak inventaris kantor dengan mudah.

Sistem kerjanya memerlukan inisiator aktif dan target. Dalam artian, Anda memerlukan alat dan barang yang sudah dilabeli dengan NFC. Frekuensi radio akan memancarkan medan yang dapat menghidupkan target dalam jarak tertentu.

Anda bisa menggunakan metode ini dengan mudah tanpa harus mencatat inventaris kantor dengan cara yang manual. Jadi, pekerjaan Anda akan semakin mudah dan barang-barang Anda akan aman terkendali.

Manfaat Inventory Tracking bagi Perusahaan

Manfaat Inventory

Anda perlu mengetahui manfaat dari inventory tracking yang bisa Anda gunakan untuk mencatat inventaris kantor dengan mudah. Beberapa manfaat penggunaan pelacakan inventaris kantor, sebagai berikut:

1. Audit Inventaris Kantor Lebih Mudah

Anda bisa melakukan audit stok barang perusahaan dengan mudah menggunakan metode pelacakan yang canggih. Anda tidak perlu dipusingkan dengan pencatatan secara manual karena sudah bisa dilakukan dengan metode barcode yang sangat mudah.

Anda bisa mencatat barang-barang yang tersedia di gudang perusahaan dengan mudah dan cepat. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda karena pekerjaan bisa cepat selesai. Selain itu, Anda bisa mengetahui dengan pasti mengenai barang-barang yang tersedia.

Bahkan, Anda bisa mencegah kehilangan barang dengan menggunakan metode ini. Anda bisa membuat laporan audit dengan cepat dan akurat sehingga Anda tidak perlu kebingungan lagi.

2. Mencegah Human Error

Jika Anda menggunakan inventory tracking maka kemungkinan human error semakin kecil. Anda tidak perlu mencatat secara manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan melelahkan. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi Anda dalam mencatat.

Konsentrasi yang menurun dapat menjadi penyebab terjadinya kesalahan pencatatan. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan metode barcode atau RFID yang bisa membantu proses pencatatan secara akurat dan cepat.

Hasil laporan yang akan Anda dapatkan bisa lebih akurat dan mencegah terjadinya kesalahan pencatatan. Jadi, Anda bisa membuat laporan dengan data yang akurat dalam waktu yang cepat.

3. Pengaturan Barang Lebih Mudah

pengelolaan barang

Penggunaan sistem pelacakan barang yang modern dapat membantu Anda mengatur barang dengan lebih mudah. Sistem ini akan memberikan informasi mendetail mengenai keberadaan barang tersebut sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Anda bisa melakukan proses pelacakan berdasarkan barcode yang tertera pada barang tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembaruan data secara otomatis. Hal ini akan membuat pencatatan bisnis lancar dan tidak sulit untuk dilakukan.

Barang-barang yang sudah dilabeli dengan barcode akan ditemukan dengan mudah. Anda tidak akan kesulitan menemukan barang-barang tersebut dimanapun dan kapanpun. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan metode ini supaya pekerjaan Anda lebih mudah.

4. Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Jika Anda kebingungan untuk menentukan barang yang perlu diganti. Nah, Anda bisa mengetahui hal tersebut dari informasi barang yang diberikan oleh metode pelacakan barang tersebut.

Metode ini bisa memberikan informasi akurat mengenai kondisi barang yang Anda miliki. Sehingga, Anda bisa mengambil keputusan dengan mudah apabila ingin mengganti barang tersebut dengan yang baru.

Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan anggaran khusus untuk melakukan perbaikan ataupun penggantian barang tersebut. Hal ini disebabkan oleh sistem yang akan memberikan informasi apabila barang tersebut rusak.

Anda juga bisa memutuskan barang-barang yang perlu disimpan dan barang yang perlu dibuang dengan mudah. Sistem akan merekomendasikan kepada Anda tentang barang yang masih bisa digunakan dan barang yang bisa dibuang.

Agar membantu dalam pencatatan atau tracking inventory yang ada, Anda dapat menggunakan software manajemen aset perusahaan, salah satunya yaitu TAG SAMURAI.

Hal ini tentu akan sangat membantu pekerjaan Anda, bukan? Jadi, pastikan perusahaan Anda menggunakan metode ini untuk mencatat barang inventaris Anda. Yuk, jangan ragu dan dapatkan kemudahan dalam mencatat inventaris kantor Anda.

Demikianlah, pembahasan mengenai inventory tracking yang perlu diketahui. Semoga bisa memberikan solusi tepat untuk memudahkan pencatatan inventaris kantor.