Kenali Fungsi, Jenis Aset dan Keterkaitannya

Apakah Anda memiliki aset, lalu apa saja jenis aset dan keterkaitannya yang anda ketahui? Aset merupakan komponen yang paling penting dalam suatu bisnis. Aset juga menjadi nilai yang sangat berharga.

Jika anda masih belum menyadari bentuk, jenis aset dan keterkaitannya, mungkin Anda belum paham bentuk mengenai aset. Wajar saja karena aset memiliki berbagai definisi dan bisa diartikan berbeda oleh setiap orang.

Kenali Fungsi, Jenis Aset dan Keterkaitannya

Aset juga bisa didefinisikan sebagai suatu kekayaan yang dimiliki oleh seseorang, organisasi, atau perusahaan tertentu. Misalnya, sebuah perusahaan selalu mencatat asetnya untuk menghitung berapa besar kekayaan yang sudah didapatkan.

Memahami Pengertian Aset

Secara definisi, aset dapat diartikan sebagai suatu sumber daya yang memiliki nilai ekonomi baik itu bagi perorangan atau milik pribadi maupun milik perusahaan. Dengan memiliki aset diharapkan seseorang atau perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.

Memahami Pengertian Aset

Oleh karena itu tak heran jika kita sering mendengar istilah aset dalam trading dan investasi. Sebab, aset merupakan kekayaan yang dimiliki dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Dalam istilah trading dan investasi, saham juga bisa dikatakan sebagai jenis aset dan keterkaitannya.

Meskipun aset lebih sering dianggap sebagai suatu kekayaan yang dimiliki oleh seseorang, tetapi kenyataannya aset tidak harus dimiliki 100% oleh orang yang bisa mengaksesnya.

Saham yang diinvestasikan tidak 100% dimiliki oleh satu orang atau satu perusahaan saja, tetapi kepemilikannya dibagi ke sejumlah investor lainnya juga.

Apa Saja Fungsi Aset?

Memahami terkait dengan definisi aset saja mungkin tidak cukup, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari aset. Setidaknya ada beberapa manfaat atau fungsi yang bisa Anda dapatkan dari memiliki aset, yaitu:

1. Nilai Kekayaan

Fungsi utama dari aset yaitu sebagai nilai kekayaan yang dapat dihitung. Baik itu benda properti ataupun tabungan sekalipun merupakan aset yang dapat menunjukkan kekayaan seseorang. Maka, banyak orang berlomba-lomba memperbanyak aset.

Nilai Kekayaan

Tujuannya yaitu untuk bisa diperhitungkan sebagai nilai kekayaan. Jika Anda berinvestasi, memiliki saham, reksa dana, atau kripto juga sama saja dengan memiliki aset.

2. Tabungan Jangka Panjang

Meskipun aset tidak selalu berbentuk uang, tetapi aset juga bisa dijadikan sebagai tabungan jangka panjang. Hal ini dikarenakan aset merupakan sesuatu yang berharga, memiliki nilai jual dan dapat diperjualbelikan dalam kondisi tertentu.

Tabungan Jangka Panjang

Nilai aset juga dinamis yaitu bisa berubah naik ataupun turun. Maka, ketika Anda ingin menjual aset saat harganya naik maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Aset juga bisa dijual ketika Anda membutuhkan uang.

Jenis-jenis Aset

Aset terbagi menjadi dua jenis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sedang memiliki dan menyimpan aset untuk jangka waktu tertentu, mungkin aset tersebut termasuk ke dalam 2 jenis aset seperti berikut:

1. Aset Lancar

Aset lancar sering disebut aset likuid karena proses konversi atau mengubahnya menjadi uang tunai sangat cepat dan mudah. Contohnya yaitu rekening tabungan, investasi emas dan deposito. Anda bisa mengubahnya menjadi uang dengan mudah jika memiliki aset tersebut.

2. Aset Tidak Lancar

Aset tidak lancar merupakan jenis aset yang bisa terlihat secara fisik misalnya seperti properti, kendaraan, dan lain-lain. Berbeda dengan aset lancar yang proses pencairannya menjadi uang tunai mudah, proses pencairan dana dari aset tidak lancar cukup rumit.

Aset Tidak Lancar

Secara teknis mungkin prosesnya tidak terlihat sulit karena Anda hanya perlu menjualnya saja. Namun, sayangnya menjual aset tidak mudah karena Anda perlu bersabar sampai ada pihak yang mau membelinya.

Kecuali, Anda bersedia menjual dengan harga murah di bawah pasaran.

Penutup

Demikian informasi mengenai jenis aset dan keterkaitannya. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sudah memiliki aset. Saldo dan tabungan yang ada di rekening juga merupakan aset, loh! Aset sebaiknya disimpan untuk kepentingan masa depan.

Bagi Anda yang ingin memonitoring aset dengan mudah, tidak ada salahnya menggunakan bantuan aplikasi pengelolaan aset dengan teknologi terbaru,  seperti TAG SAMURAI. Selamat mencoba!