ISACA: Arti, Sejarah, Peran Utama, Manfaat Sertifikasinya

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi informasi (TI) telah menjadi salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan dan keberlanjutan organisasi di berbagai sektor. Namun, dengan kemajuan teknologi juga datang tantangan baru terkait dengan pengelolaan risiko, keamanan, dan kepatuhan. Di tengah dinamika ini, ISACA (Information Systems Audit and Control Association) muncul sebagai organisasi global yang berperan penting dalam mengatasi tantangan dan memajukan praktik terbaik dalam TI. Artikel ini akan menjelajahi peran, sejarah, dan kontribusinya dalam mendukung keunggulan dalam pengelolaan TI.

ISACA adalah sebuah organisasi profesional global yang fokus pada audit, kontrol, dan keamanan sistem informasi. Singkatan ISACA sebelumnya adalah “Information Systems Audit and Control Association,” meskipun sekarang, ISACA adalah nama resmi organisasi tanpa diartikan. Organisasi ini didirikan pada tahun 1969 dan telah menjadi pemimpin dalam menyediakan sertifikasi, pelatihan, panduan praktik terbaik, dan sumber daya lainnya untuk profesional di bidang audit TI, pengendalian, keamanan, serta manajemen dan tata kelola TI. Salah satu sertifikasi paling terkenal yang dikeluarkan oleh ISACA adalah CISA (Certified Information Systems Auditor). Organisasi ini juga dikenal karena menerbitkan kerangka kerja COBIT (Control Objectives for Information and Related Technologies), yang digunakan secara luas di seluruh dunia untuk membantu organisasi dalam mengelola dan mengendalikan TI dengan lebih efektif.

Baca juga: Breach and Attack Simulation (BAS): Arti dan Manfaatnya

Sejarah Pendirian ISACA

Sejarah Pendirian ISACA

Awal Mula dan Pendirian ISACA

ISACA bermula dari sebuah pertemuan di Chicago, Amerika Serikat, pada tahun 1967. Sejumlah profesional yang tertarik dalam audit sistem pengolahan data elektronik (EDP) berkumpul untuk membahas pendirian sebuah organisasi yang mewadahi kepentingan mereka. Dua tahun kemudian, pada 1969, pertemuan tersebut menghasilkan pembentukan EDP Auditors Association (EDPAA).

Pendirian EDPAA ini menandai langkah awal menuju terbentuknya apa yang sekarang kita kenal sebagai ISACA. Organisasi ini didirikan dengan tujuan untuk menyediakan sumber daya, pedoman, dan jaringan bagi para profesional yang terlibat dalam audit sistem informasi. EDPAA pertama kali didirikan oleh sekelompok kecil profesional yang menyadari perlunya standar dan praktik terbaik dalam audit dan pengendalian sistem informasi yang berkembang pesat.

Perkembangan Menuju ISACA

Selama bertahun-tahun berikutnya, EDPAA terus berkembang dan mulai menarik minat dari profesional di luar Amerika Serikat. Pada 1994, organisasi ini mengalami perubahan penting dengan mengubah namanya menjadi ISACA untuk mencerminkan perluasan cakupan dan peran organisasi dalam dunia audit, pengendalian, dan keamanan TI.

Pergantian nama ini juga sejalan dengan misinya untuk menjadi organisasi global yang mendukung para profesional TI di seluruh dunia. Dengan menyediakan pendidikan, sertifikasi, pedoman, dan jaringan yang kuat, hal ini bertujuan untuk memajukan praktik terbaik dalam pengelolaan TI dan memberikan nilai tambah bagi organisasi di berbagai sektor.

Misi dan Visi ISACA

Misi dan Visi ISACA

Berdasarkan yang tertera pada website resmi ISACA yaitu isaca.org, mereka memiliki misi berupa:

“As a globally recognized leader in IS/IT for over 50 years, ISACA is a professional membership organization committed to the advancement of digital trust by empowering IS/IT professionals to grow their skills and knowledge in audit, cybersecurity, emerging tech and more.

Our members get personalized training, educational resources and can earn the most in-demand credentials—all backed by the support of industry-leading IT experts from around the world. It’s a community designed to guide your career, propel your enterprise and take your organization into the future, while you help advance digital trust.”

yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia:

Sebagai pemimpin yang diakui secara global dalam bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi selama lebih dari 50 tahun, ISACA adalah organisasi keanggotaan profesional yang berkomitmen untuk memajukan kepercayaan digital dengan memberdayakan para profesional IS/IT untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam audit, keamanan Siber, teknologi yang sedang berkembang, dan lainnya.

Anggota kami mendapatkan pelatihan yang dipersonalisasi, sumber daya pendidikan, dan dapat memperoleh kredensial yang paling diminati, semuanya didukung oleh dukungan para ahli IT terkemuka dari seluruh dunia. Ini adalah komunitas yang dirancang untuk membimbing karier Anda, mendorong perusahaan Anda, dan membawa organisasi Anda ke masa depan, sementara Anda membantu memajukan kepercayaan digital.

Baca juga: Identity and Access Management: Manfaat dan Pilar Utamanya

Peran Utama ISACA dalam Industri TI

Peran Utama ISACA dalam Industri TI

ISACA memainkan beberapa peran kunci dalam industri TI yang mencakup:

1. Pendidikan dan Sertifikasi

Hal ini menawarkan serangkaian sertifikasi profesional yang diakui secara internasional dalam berbagai bidang TI, termasuk audit, keamanan informasi, pengelolaan risiko, dan manajemen TI. Sertifikasi seperti Certified Information Systems Auditor (CISA), Certified Information Security Manager (CISM), dan Certified in Risk and Information Systems Control (CRISC) membantu profesional TI meningkatkan kredibilitas mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan dalam industri.

2. Standarisasi dan Pedoman

ISACA memainkan peran penting dalam mengembangkan standar, panduan, dan kerangka kerja terkait dengan audit, pengendalian, keamanan, dan pengelolaan risiko TI. Contohnya termasuk COBIT (Control Objectives for Information and Related Technologies), yang merupakan kerangka kerja terkemuka untuk pengelolaan dan pengendalian TI.

3. Penelitian dan Publikasi

ISACA terlibat dalam penelitian dan publikasi dalam berbagai topik terkait dengan TI, termasuk tren industri, teknologi baru, dan tantangan keamanan. Publikasinya, seperti jurnal Information Systems Control Journal, memberikan wawasan yang berharga kepada profesional TI di seluruh dunia.

4. Konferensi dan Acara

ISACA menyelenggarakan konferensi global, seminar, dan acara lainnya yang menyediakan platform bagi para profesional TI untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik. Konferensi tahunan ISACA, seperti ISACA Conference North America dan ISACA Conference Europe, menjadi ajang penting untuk memperluas jaringan dan belajar dari para ahli.

5. Advokasi dan Pengaruh

Sebagai suara industri, hal ini mewakili kepentingan profesional TI di tingkat global. Organisasi ini berperan dalam mempengaruhi kebijakan publik, standar industri, dan regulasi terkait dengan TI. Melalui advokasi ini, hal ini berkontribusi pada pembentukan lingkungan regulasi yang sehat dan berkelanjutan untuk industri TI.

Manfaat Memiliki Sertifikasi ISACA

Manfaat Memiliki Sertifikasi ISACA

Memiliki sertifikasi dari ISACA memberikan sejumlah manfaat signifikan bagi para profesional TI. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Validasi Keterampilan

Sertifikasinya seperti Certified Information Systems Auditor (CISA), Certified Information Security Manager (CISM), dan lainnya, merupakan pengakuan resmi atas keterampilan dan pengetahuan dalam bidang audit TI, keamanan siber, manajemen risiko TI, dan tata kelola TI.

Peningkatan Kredibilitas

Sertifikasinya membantu meningkatkan kredibilitas dan reputasi profesional dalam industri TI. Hal ini karena sertifikasi tersebut diakui secara global dan menunjukkan kompetensi yang telah divalidasi oleh organisasi yang dihormati.

Peluang Karier yang Lebih Baik

Para profesional yang memiliki sertifikasi ini cenderung memiliki akses lebih luas ke peluang karier yang lebih baik. Banyak perusahaan memprioritaskan karyawan yang memiliki sertifikasi terkait dalam proses rekrutmen dan promosi.

Peningkatan Gaji

Memiliki sertifikasi ini dapat berkontribusi pada peningkatan gaji. Banyak survei mengindikasikan bahwa pemegang sertifikasi cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang tidak memiliki sertifikasi serupa.

Akses ke Jaringan Profesional

Para pemegang sertifikasi ISACA menjadi bagian dari jaringan profesional yang luas, termasuk dengan rekan-rekan seprofesi, pemimpin industri, dan ahli lainnya di seluruh dunia. Ini membuka pintu untuk kolaborasi, pembelajaran, dan peluang bisnis.

Pendidikan dan Pengembangan Berkelanjutan

Untuk mempertahankan sertifikasi ISACA, para profesional harus terus mengikuti pendidikan dan mengembangkan keterampilan mereka melalui kegiatan pengembangan profesional berkelanjutan. Ini memastikan bahwa pemegang sertifikasi tetap relevan dan terkini dalam industri TI yang terus berubah.

Kesimpulan

ISACA telah menjadi kekuatan yang kuat dalam dunia teknologi informasi sejak pendiriannya hampir lima dekade yang lalu. Dengan menyediakan sumber daya pendidikan, standar, dan advokasi yang diperlukan, hal ini membantu profesional TI meningkatkan kemampuan mereka, memajukan praktik terbaik, dan memastikan keamanan, kepatuhan, dan efektivitas sistem informasi di seluruh dunia. Dengan terus beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tantangan industri, Hal ini tetap relevan dan berperan penting dalam masa depan TI yang terus berkembang.

Perlindungan Menyeluruh dengan Heimdal Security

Keamanan Komprehensif untuk Semua Perangkat Anda

Heimdal Security adalah solusi komprehensif untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman cyber yang semakin canggih. Dengan fitur keamanan yang berlapis-lapis, Heimdal Security memastikan bahwa data pribadi dan informasi sensitif Anda tetap aman dari berbagai jenis serangan.

Perlindungan Proaktif Terhadap Malware

Malware bisa menjadi ancaman serius bagi perangkat Anda. Heimdal Security menawarkan perlindungan proaktif yang mampu mendeteksi dan mengeliminasi malware sebelum mereka dapat merusak data Anda. Dengan pemindaian real-time dan teknologi anti-malware canggih, perangkat Anda selalu berada dalam kondisi aman.

Keamanan Transaksi Online yang Terpercaya

Transaksi online bisa menjadi target utama bagi para peretas. Heimdal Security memberikan keamanan ekstra saat Anda melakukan transaksi online, melindungi informasi keuangan Anda dari upaya pencurian data. Dengan perlindungan enkripsi yang kuat, setiap transaksi Anda akan selalu aman dan terjaga kerahasiaannya.

Manajemen Keamanan yang Mudah

Heimdal Security dirancang dengan antarmuka yang intuitif, memudahkan Anda untuk mengelola semua aspek keamanan perangkat Anda. Dari pemantauan aktivitas hingga pembaruan otomatis, setiap fitur dibuat untuk memberikan kemudahan dan efektivitas dalam menjaga keamanan digital Anda.

CTA ASDF Heimdal

Baca juga: Attack Surface Management: Manfaat dan Langkah Penerapannya