5 Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Belajar cara mengambil screenshot di laptop Windows 10 dengan mudah. Ikuti langkah-langkah kami untuk menyimpan gambar layar Anda dengan cepat dan mudah.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Berikut beberapa cara screenshot di laptop windows 10, antara lain:

1. Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Tombol Print Screen (PrtScn)

Cara Screenshot dengan Tombol Print Screen (PrtScn) adalah salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 10. Tombol ini biasanya terletak di atas tombol “F12” dan bisa ditemukan dengan mudah pada keyboard laptop.

Untuk mengambil screenshot, cukup tekan tombol “Print Screen” (atau “PrtScn”) pada keyboard. Setelah itu, screenshot akan diambil dari layar komputer Anda dan disimpan di clipboard.

Anda dapat menempelkan (paste) screenshot tersebut ke dalam aplikasi yang Anda inginkan, seperti Paint, Word atau PowerPoint, dengan menggunakan shortcut “Ctrl + V”.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan tombol “Alt + Print Screen” untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja.

Hal ini berguna jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari satu jendela saja dan tidak ingin screenshot dari seluruh layar.

Ingat, jika Anda mengambil screenshot dengan tombol “Print Screen”, Anda harus menempelkan (paste) screenshot tersebut ke dalam aplikasi seperti Paint atau Word untuk menyimpannya sebagai file gambar.

Jika Anda tidak menempelkan screenshot ke dalam aplikasi apa pun, maka screenshot akan hilang dari clipboard setelah Anda mengambil screenshot lainnya atau mengakses aplikasi lain.

Itulah cara screenshot dengan tombol Print Screen (PrtScn) pada laptop Windows 10. Mudah bukan? Anda dapat mencobanya sendiri dan mengeksplorasi lebih jauh cara lain untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 10.

2. Cara Screenshot dengan Tombol Windows + Print Screen (PrtScn)

Untuk melakukan screenshot pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan tombol “Windows + Print Screen (PrtScn)”. Ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengambil gambar dari layar Anda.

Langkah-langkah untuk mengambil screenshot dengan tombol Windows + Print Screen (PrtScn) adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda berada pada layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya.
  2. Tekan tombol “Windows” di keyboard Anda. Ini akan menampilkan logo Windows di layar Anda.
  3. Setelah itu, tekan tombol “Print Screen (PrtScn)” pada keyboard Anda. Ini akan mengambil screenshot dari layar Anda.
  4. Screenshot yang diambil akan disimpan di folder “Screenshots” yang terdapat dalam folder “Pictures” pada komputer Anda. Anda dapat menemukannya dengan mengeklik tombol “Start” dan kemudian masuk ke folder “Pictures” dan “Screenshots”.
  5. Selesai, Anda dapat membuka screenshot yang Anda ambil dengan mengeklik file dan membukanya dengan aplikasi yang Anda miliki seperti paint, photoshop dan lain-lain.

Ingatlah bahwa tombol “Print Screen (PrtScn)” mungkin ditandai dengan “PrtSc” atau “PrntScrn” pada keyboard Anda. Namun, tombol ini selalu berada di sebelah kanan keyboard Anda, di bagian atas.

3. Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Tombol Windows + Shift + S

Cara Screenshot dengan Tombol Windows + Shift + S adalah salah satu cara yang cukup efisien untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 10.

Fitur ini dikenal sebagai “Snipping Tool” dan dapat digunakan untuk mengambil screenshot dari seluruh layar atau dari area tertentu saja.

Untuk mengambil screenshot dengan tombol Windows + Shift + S, pertama-tama pastikan bahwa Anda sedang berada di layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Kemudian tekan tombol “Windows” dan “Shift” secara bersamaan, lalu tekan tombol “S”.

Setelah itu, layar akan berubah menjadi abu-abu dan Anda dapat menarik kotak untuk menentukan area yang ingin Anda ambil screenshot-nya.

Setelah Anda menentukan area yang diinginkan, screenshot akan diambil dan disimpan di clipboard. Anda dapat menempelkan (paste) screenshot tersebut ke dalam aplikasi yang Anda inginkan, seperti Paint, Word atau PowerPoint, dengan menggunakan shortcut “Ctrl + V”.

Selain itu, Anda juga dapat mengklik tombol “New” di Snipping Tool untuk memulai proses pengambilan screenshot dari awal.

Anda juga dapat mengklik tombol “Delay” untuk menunda pengambilan screenshot selama beberapa detik, ini berguna jika Anda ingin menangkap pop-up atau menu drop-down yang tidak dapat diambil saat Snipping Tool dijalankan.

Ingat, jika Anda mengambil screenshot dengan tombol Windows + Shift + S, Anda harus menempelkan (paste) screenshot tersebut ke dalam aplikasi seperti Paint atau Word untuk menyimpannya sebagai file gambar.

Jika Anda tidak menempelkan screenshot ke dalam aplikasi apa pun, maka screenshot akan hilang dari clipboard setelah Anda mengambil screenshot lainnya atau mengakses aplikasi lain.

Itulah cara screenshot dengan tombol Windows + Shift + S pada laptop Windows 10. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mengambil screenshot dari area tertentu saja.

Anda dapat mencobanya sendiri dan mengeksplorasi lebih jauh cara lain untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 10.

4. Cara Screenshot dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan yang disertakan dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari layar Anda.

Ini adalah cara yang baik jika Anda ingin mengambil screenshot dari area yang lebih spesifik dari layar Anda, seperti bagian dari jendela atau area tertentu dari halaman web. Langkah-langkah untuk mengambil screenshot menggunakan Snipping Tool adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol “Start” dan ketik “snipping tool” dalam kotak pencarian. Kemudian pilih “Snipping Tool” dari hasil pencarian.
  • Setelah aplikasi terbuka, klik tombol “New” untuk memulai proses pengambilan screenshot.
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih jenis snip yang Anda inginkan, seperti “Rectangular Snip”, “Free-form Snip”, “Window Snip”, atau “Full-screen Snip”.
  • Setelah Anda memilih jenis snip, Anda akan dapat menentukan area yang ingin Anda ambil screenshot-nya dengan menggambar kotak atau garis bebas pada layar Anda.
  • Setelah Anda selesai menentukan area, screenshot akan otomatis disimpan di clipboard, Anda dapat menempelkan screenshot tersebut ke aplikasi yang Anda inginkan, seperti paint, photoshop atau aplikasi lainnya.
  • Anda juga dapat menyimpan screenshot yang Anda ambil dengan mengeklik tombol “Save As” dan memilih lokasi penyimpanan yang Anda inginkan.

Perlu diingat bahwa Snipping Tool hanya tersedia pada sistem operasi Windows 7 dan versi yang lebih baru, jadi jika Anda menggunakan versi Windows yang lebih lama, Anda mungkin perlu menggunakan metode lain untuk mengambil screenshot.

5. Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga adalah salah satu cara yang cukup populer untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 10.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot, baik gratis maupun berbayar. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang paling populer diantaranya adalah Lightshot, Nimbus Screenshot, dan Greenshot.

Cara menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload dan menginstall aplikasi pihak ketiga yang Anda inginkan, kemudian jalankan aplikasi tersebut.

Setelah itu, Anda dapat mengambil screenshot dengan mengklik tombol atau shortcut yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi pihak ketiga juga menyediakan fitur yang lebih canggih, seperti pengambilan screenshot dari area tertentu, pengambilan screenshot dari jendela aktif, pengambilan screenshot dari layar penuh, dan lain-lain.

Selain itu, beberapa aplikasi pihak ketiga juga menyediakan fitur editing seperti menambahkan teks, garis, atau lingkaran pada screenshot yang diambil.

Beberapa aplikasi juga memungkinkan Anda untuk menyimpan screenshot yang diambil dalam berbagai format, seperti PNG, JPEG, dan GIF.

Ingat, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot, Anda harus mengecek apakah aplikasi tersebut dapat digunakan secara legal dan memenuhi kebutuhan Anda.

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin memerlukan pembayaran untuk mengakses fitur tertentu atau dapat mengandung malware. Selalu pastikan untuk mengecek review dan lisensi dari aplikasi sebelum mengunduh dan mengg

Cara Menyimpan dan Berbagi Screenshot di Laptop Windows 10

Cara Menyimpan dan Berbagi Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot di Windows 10, Anda mungkin ingin menyimpannya dan berbagi dengan orang lain.

Ada beberapa cara untuk melakukannya, berikut ini adalah beberapa cara untuk menyimpan dan berbagi screenshot di Windows 10:

1. Menyimpan Screenshot

Setelah Anda mengambil screenshot dengan menekan tombol “Windows + Print Screen (PrtScn)” atau menggunakan Snipping Tool. Screenshot akan disimpan secara otomatis dalam folder “Screenshots” yang terletak dalam folder “Pictures” pada komputer Anda.

Anda dapat menemukannya dengan mengeklik tombol “Start” dan kemudian masuk ke folder “Pictures” dan “Screenshots”. Anda juga dapat mengubah lokasi penyimpanan default screenshot dengan mengklik kanan pada folder “Screenshots” > Properties > Location.

2. Berbagi Screenshot

Setelah Anda menyimpan screenshot, Anda dapat berbagi dengan orang lain dengan cara sebagai berikut:

  • Email: Anda dapat melampirkan screenshot pada email dan mengirimkannya ke orang yang Anda inginkan.
  • Cloud Storage: Anda dapat menyimpan screenshot di cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive dan berbagi link dengan orang yang Anda inginkan.
  • Social Media: Anda dapat membagikan screenshot di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter dengan mengunggah file gambar.

3. Copy to clipboard

Anda juga dapat menyalin screenshot yang diambil ke clipboard dan menempelkannya di aplikasi lain seperti Microsoft Word, PowerPoint, atau aplikasi lainnya dengan menekan tombol “Ctrl + V” pada keyboard Anda.

Sederhana sekali bukan? Selalu ingat untuk menyimpan dan berbagi screenshot dengan aman dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Tips dan Trik terkait Laptop dan lainnya di ASDF.ID  

Kesimpulan Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Kesimpulan dari cara Screenshot di Laptop Windows 10 adalah bahwa ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 10.

Cara yang paling sederhana adalah menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) yang terdapat pada keyboard. Dengan menekan tombol ini, Anda dapat mengambil screenshot dari seluruh layar dan menyimpannya di clipboard.

Anda kemudian dapat menempelkan (paste) screenshot tersebut ke dalam aplikasi yang Anda inginkan, seperti Paint, Word atau PowerPoint, dengan menggunakan shortcut “Ctrl + V”.

Cara lain yang dapat digunakan adalah menggunakan tombol Windows + Shift + S yang dikenal sebagai “Snipping Tool”.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dari area tertentu saja. Anda dapat menarik kotak untuk menentukan area yang ingin Anda ambil screenshot-nya dan menyimpannya di clipboard. Kemudian Anda dapat menempelkan (paste) screenshot tersebut ke dalam aplikasi yang Anda inginkan.

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan, baik gratis maupun berbayar.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang paling populer diantaranya adalah Lightshot, Nimbus Screenshot, dan Greenshot.

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan tombol Print Screen dan Snipping Tool, seperti pengambilan screenshot dari area tertentu, pengambilan screenshot dari jendela aktif, pengambilan screenshot dari layar penuh, dan lain-lain.

Temukan berbagai informasi menarik lainnya pada laman ASDF.ID