Apa Itu Endpoint Detection and Response (EDR)

Endpoint Detection and Response mewakili kumpulan dari solusi keamanan endpoint terintegrasi yang digabung dengan pengumpulan dan analisa data, forensik, dan pemburuan ancaman, dengan tujuan akhir untuk menemukan dan memblokir potensi adanya ancaman keamanan.

Pada dasarnya sistem Endpoint Detection Response (EDR) dibuat untuk mendeteksi dan merespons secara aktif terhadap malware canggih dan serangan cyber, karena solusi EDR mampu mengenali pola mencurigakan yang dapat diselidiki lebih lanjut.

Istilah EDR diciptakan pada tahun 2013 oleh Anton Chuvakin, mantan VP dan analis keamanan di Gartner.

Mengapa EDR Penting?

Dibandingkan dengan solusi keamanan tradisional, EDR memberikan peningkatan visibilitas pada endpoint dan memungkinkan adanya respons yang lebih cepat. Selain itu, EDR juga mendeteksi dan melindungi perusahaan Anda dari malware tingkat lanjut (seperti malware polimorfik), APT, phishing, dll.

Dapat dikatakan juga bahwa sebagian solusi EDR didasarkan pada AI dan algoritma pembelajaran mesin yang dirancang untuk menemukan jenis malware yang belum diketahui, yang selanjutnya akan membuat keputusan kategorisasi berbasis perilaku.

Komponen utama Keamanan EDR

Komponen dan fitur dari EDR dapat sangat bervariasi dari satu vendor ke vendor lainnya. Secara umum, solusi EDR harus memiliki kemampuan-kemampuan berikut yaitu:

  • Pengumpulan Data Endpoint

Berbagai macam data dapat dikumpulkan dari endpoint dengan menggunakan agen perangkat lunak yang diinstal pada setiap perangkat. Data yang terkumpul tersebut kemudian dikirim ke lab pusat sebagai bahan analisis.

  • Analisis Data dan Forensik

Setelah data dikumpulkan, algoritme dan teknologi mesin pintar mulai menyaring untuk menemukan potensi ancaman.

  • Kemampuan menemukan ancaman

Jika EDR menemukan kejadian atau tindakan apapun yang mencurigakan, secara otomatis akan mengirimkan peringatan.

  • Respons Otomatis untuk Memblokir Aktivitas Berbahaya

Dengan adanya kemampuan otomatisasi yang ada di banyak solusi keamanan EDR, keamanan lebih terjamin karena EDR dapat mengisolasi sementara Endpoint yang terinfeksi dari sisa jaringan untuk mencegah malware menyebar.

EDR vs Antivirus – Lalu Apa Bedanya?

Solusi EDR memiliki beberapa fitur dan manfaat tersendiri yang tidak dimiliki program Antivirus biasa. Dibandingkan dengan sistem EDR, solusi Antivirus tradisional lebih sederhana dan merupakan salah satu komponen penting dalam EDR.

Perlindungan EDR jauh lebih luas cakupannya dan harus mencakup beberapa lapisan keamanan untuk mendeteksi dan memblokir serangan.

Perlindungan data perusahaan menjadi sangat penting dan krusial, karena setiap harinya banyak malware jenis baru yang tercipta. Oleh sebab itu, diperlukan proteksi yang lebih menyeluruh dan terintegrasi dalam menangani ancaman siber tersebut. Sumber : Heimdal Security