WinstarNssmMiner Cryptojacking: Cara Kerja dan Pencegahannya

WinstarNssmMiner cryptojacking membuat sistem crash saat produk antivirus mencoba menghapus malware yang satu ini. Perusahaan cybersecurity mengatakan malware cryptomining (cryptojacking) bertujuan untuk menginfeksi PC. Hal ini bertujuan untuk mencuri kekuatan pemrosesan untuk tujuan menambang cryptocurrency Monero. WinstarNssmMiner adalah kode brutal karena akan merusak PC korban saat produk antivirus mendeteksi dan berusaha menghapusnya.

Dalam artikel ini, kami akan mengungkap WinstarNssmMiner, menjelaskan cara kerjanya, dan menguraikan dampak negatifnya. Kami juga akan memberikan saran praktis tentang cara melindungi diri dari serangan ini.

Apa itu WinstarNssmMiner Cryptojacking

WinstarNssmMiner adalah sebuah jenis perangkat lunak cryptojacking yang merugikan. Perangkat lunak ini dirancang untuk menginfeksi komputer target dan menggunakan daya komputasi mereka untuk menambang mata uang digital tanpa izin pemiliknya. WinstarNssmMiner biasanya menyebar melalui serangan phishing, tautan berbahaya, atau file yang diunduh secara tidak sah.

Setelah menginfeksi sistem, perangkat lunak ini akan bekerja secara diam-diam untuk menambang mata uang digital, menghabiskan sumber daya komputer dan menyebabkan penurunan kinerja yang signifikan.

Baca juga: FaceXWorm Cryptojacking: Cara Kerja dan Pencegahan

Cara Kerja WinstarNssmMiner Cryptojacking

Cara Kerja WinstarNssmMiner Cryptojacking

Cryptojacking yang satu ini meluncurkan proses svchost.exe untuk mengelola layanan sistem  dan menyuntikkan kode berbahaya ke dalam file. Satu proses yang disuntikkan mulai menambang cryptocurrency sementara yang lain berjalan di latar belakang untuk menghindari deteksi dan memindai perlindungan antivirus.

Pada tahap kedua, WinstarNssmMiner kemudian mengutak-atik CriticalProcess, menambahkan atribut proses yang memungkinkan malware merusak sistem secara tiba-tiba. Namun, malware itu sejatinya memiliki sifat “pengecut”. Seperti yang ditulis oleh 360 Total Security, WinstarNssmMiner “mematikan perlindungan antivirus dari musuh yang tidak berdaya dan mundur saat menghadapi pedang tajam.”

Malware memindai sistem yang disusupi untuk produk antivirus. Setiap solusi “layak” yang ditawarkan oleh perusahaan terkemuka — seperti Kaspersky Lab dan Avast — dan akan berhenti secara otomatis jika jenis produk antivirus ini ditemukan.

Namun, jika sistem antivirus yang lebih lemah sedang digunakan, proses crash dimulai dan korban harus hidup dengan kelambatan yang melumpuhkan dan layar biru sementara malware dengan senang hati mencuri kekuatan mereka dan menambang Monero atas nama penyerang.

“Karena sifat penambangan mata uang digital, penambang kripto menggunakan kekuatan pemrosesan korban demi distributor mereka,” kata para peneliti. “Beberapa pengguna cerdas dapat mengidentifikasi dan menghentikan aplikasi yang menggunakan CPU. Oleh karena itu, WinstarNssmMiner melindungi dirinya sendiri dengan mengonfigurasi atribut proses penambangannya ke CriticalProcess sehingga komputer yang terinfeksi akan mogok saat pengguna menghentikannya.”

WinstarNssmMiner menggunakan berbagai metode untuk menyebarkan dirinya, termasuk email phishing, exploit kit, dan situs web yang terinfeksi. Ketika perangkat terinfeksi, WinstarNssmMiner akan menginstal dirinya sendiri ke dalam sistem dan mulai menambang mata uang digital seperti Monero atau Bitcoin. Proses penambangan ini akan menggunakan sumber daya komputasi yang signifikan, mengakibatkan penurunan kinerja sistem yang terinfeksi. Selain itu, WinstarNssmMiner juga memiliki kemampuan untuk menghindari deteksi dengan memanfaatkan teknik obfuscation dan enkripsi.

Dampak dan Bahayanya WinstarNssmMiner Cryptojacking

Dampak dan Bahayanya WinstarNssmMiner Cryptojacking

Empat mining pools telah dikaitkan dengan malware saat ini. Pada tahun 2018, pelaku ancaman di balik penyebaran WinstarNssmMiner telah menambang 133 Monero, yang setara dengan sekitar $26.500.

Malware ini didasarkan pada XMRig, proyek penambangan cryptocurrency sumber terbuka yang sah. Skrip yang sah ini, bagaimanapun juga, telah dibajak oleh pengembang malware untuk tujuan penipuan penambangan cryptocurrency. IBM, misalnya, telah menghubungkan XMRig ke malware penambangan cryptocurrency RubyMiner dan Waterminer.

Awal pekan ini, para peneliti dari RedLock memperingatkan bahwa serangan cryptojacking sedang meningkat terhadap perusahaan yang memanfaatkan sistem berbasis cloud. Hingga 25 persen organisasi diperkirakan telah mengalami aktivitas cryptojacking dalam lingkungan cloud mereka tahun ini saja. Basis data yang tidak aman dan kegagalan untuk memutar kunci akses sering kali menjadi kesalahan.

Bagi individu maupun perusahaan atau organisasi serta instansi pemerintahan, penggunaan sumber daya komputasi yang tidak sah dapat menyebabkan penurunan kinerja sistem yang signifikan, menghambat pekerjaan sehari-hari dan mengurangi produktivitas. Selain itu, penambangan mata uang digital tanpa izin mempengaruhi keadilan dalam ekosistem mata uang digital, karena sumber daya yang digunakan bukanlah milik penambang tersebut. Terakhir, serangan WinstarNssmMiner juga dapat menyebabkan kenaikan biaya listrik yang tidak diinginkan akibat penggunaan daya yang berlebihan.

Cara Mendeteksi WinstarNssmMiner Cryptojacking

Cara Mendeteksi WinstarNssmMiner Cryptojacking

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mendeteksi keberadaan WinstarNssmMiner Cryptojacking di sistem Anda:

Perhatikan Penurunan Kinerja Sistem

Jika Anda mengamati penurunan yang signifikan dalam kinerja sistem Anda, seperti komputer menjadi lambat atau tidak responsif, ini bisa menjadi tanda adanya malware cryptojacking, termasuk WinstarNssmMiner. Penambangan mata uang kripto membutuhkan banyak daya komputasi, yang dapat menguras sumber daya sistem.

Periksa Penggunaan CPU yang Tinggi

Buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc) di Windows atau Monitor Aktivitas di MacOS untuk memeriksa penggunaan CPU. Jika Anda melihat proses yang memakan sebagian besar daya CPU tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda adanya aktivitas penambangan kripto yang tidak sah.

Perhatikan Kegiatan yang Mencurigakan di Task Manager atau Monitor Aktivitas

Cari proses atau aplikasi yang mencurigakan dalam daftar proses aktif. WinstarNssmMiner sering kali menggunakan nama proses yang mirip dengan proses sistem atau aplikasi yang sah untuk menyamarkan keberadaannya.

Perhatikan Tagihan Listrik yang Tidak Biasa

Jika Anda memiliki penggunaan daya yang tidak biasa dan tidak dapat dijelaskan dalam tagihan listrik bulanan Anda, ini bisa menjadi indikasi bahwa komputer Anda mungkin digunakan untuk menambang mata uang kripto tanpa izin Anda.

Periksa Aktivitas Jaringan

Gunakan perangkat lunak monitoring jaringan untuk memantau lalu lintas jaringan yang keluar dari sistem Anda. Jika Anda melihat koneksi ke domain yang mencurigakan atau tidak dikenal, ini bisa menjadi tanda adanya aktivitas penambangan kripto yang tidak sah.

Periksa File dan Direktori yang Mencurigakan

Periksa sistem Anda untuk file dan direktori yang mencurigakan atau tidak dikenal. WinstarNssmMiner sering kali menyimpan file eksekusi dan konfigurasi di lokasi yang tersembunyi atau tidak biasa di sistem.

Cara Mencegah WinstarNssmMiner Cryptojacking

Cara Mencegah WinstarNssmMiner Cryptojacking

Untuk mencegah serangan WinstarNssmMiner Cryptojacking dan melindungi sistem Anda dari malware cryptojacking lainnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Perbarui Software dan Sistem Operasi

Pastikan sistem operasi dan semua perangkat lunak yang terinstal di komputer Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaharuan ini sering menyertakan perbaikan keamanan yang dapat mencegah eksploitasi kerentanan oleh malware cryptojacking.

Software Cyber Security Up-to-date

Gunakan perangkat lunak keamanan yang terkini dan andal, seperti antivirus dan antimalware. Pastikan perangkat lunak tersebut diperbarui secara teratur untuk mendeteksi dan menghapus ancaman cryptojacking.

Hindari Mengklik Tautan dan Lampiran yang Mencurigakan

Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal. Serangan cryptojacking sering dimulai dengan teknik phishing yang menyesatkan pengguna untuk mengunduh atau menjalankan malware.

Periksa Aktivitas CPU dan Sumber Daya

Periksa secara teratur aktivitas CPU dan penggunaan sumber daya sistem Anda. Jika Anda melihat peningkatan yang signifikan tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda adanya aktivitas cryptojacking.

Gunakan Pemblokir Iklan dan Skrip

Instal ekstensi pemblokir iklan dan skrip di browser web Anda untuk mencegah eksekusi script penambangan kripto yang disisipkan di halaman web.

Periksa Lalu Lintas Jaringan

Gunakan perangkat lunak firewall dan intrusion detection/prevention system (IDS/IPS) untuk memantau lalu lintas jaringan dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, seperti upaya komunikasi dengan domain yang terkait dengan penambangan kripto.

Pendidikan Pengguna

Edukasikan pengguna Anda tentang ancaman keamanan, termasuk teknik phishing dan cryptojacking, dan bagaimana menghindarinya. Semakin sadar pengguna terhadap risiko keamanan, semakin kecil kemungkinan mereka terkena serangan cryptojacking.

Baca juga: Sejarah Ransomware: Lengkap Dari Awal Sampai Sekarang

Kesimpulan

WinstarNssmMiner merupakan ancaman serius dalam bentuk serangan cryptojacking. Dengan meningkatkan kesadaran akan serangan ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat melindungi diri kita dari dampak negatifnya dan menjaga keamanan serta kinerja sistem kita.

Lindungi Data Anda dengan Heimdal Security

Keamanan Cyber yang Tak Tertandingi

Heimdal Security adalah solusi perlindungan mutakhir yang dirancang untuk mengamankan data berharga Anda dari ancaman cyber. Dengan teknologi canggih dan pembaruan otomatis, Heimdal Security memberikan lapisan keamanan tambahan yang kuat untuk melindungi informasi sensitif Anda dari malware, virus, dan serangan siber lainnya. Jangan biarkan data berharga Anda menjadi rentan. Lindungi diri Anda dengan Heimdal Security.

Proteksi Proaktif Terhadap Ancaman Malware

Heimdal Security tidak hanya mendeteksi, tetapi juga menghentikan serangan malware sebelum mereka dapat merusak sistem Anda. Dari ransomware hingga spyware, Heimdal Security memastikan bahwa perangkat Anda tetap aman dari serangan cyber yang merusak. Dengan perlindungan aktif yang menawarkan ketenangan pikiran, Anda dapat menjelajahi internet tanpa khawatir tentang keamanan data Anda.

Navigasi Internet Tanpa Batas

Dengan Heimdal Security, jelajahi internet tanpa batas dan tanpa rasa takut. Perlindungan terhadap phishing dan serangan malware memastikan bahwa setiap klik Anda aman dan terlindungi. Manfaatkan pengalaman online Anda dengan percaya diri, mengetahui bahwa Anda memiliki perlindungan yang andal dan efisien dari Heimdal Security.

CTA ASDF Heimdal

Baca juga: Memahami perbedaan aktiva lancar dan aktiva tetap