Voice Picking adalah: Cara Kerja, Manfaat, dan Tantangan

Gudang adalah salah satu elemen kunci dalam rantai pasokan sebuah perusahaan. Efisiensi dan produktivitas dalam pengelolaan gudang sangat penting untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan cepat dan akurat. Salah satu teknologi yang telah mengubah cara gudang beroperasi adalah Voice Picking, sebuah metode yang memungkinkan pekerja gudang untuk mengambil barang dengan bantuan suara. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep, manfaat, dan penerapan metode ini dalam lingkungan gudang.

Definisi Voice Picking

Pengelolaan gudang adalah tugas yang kompleks dan memerlukan koordinasi yang baik. Salah satu tahap kunci dalam pengelolaan gudang adalah pengambilan barang atau order. Tradisionalnya, pekerja gudang menggunakan daftar pesanan tertulis atau perangkat pemindai kode batang untuk mengidentifikasi dan mengambil barang yang diperlukan. Namun, metode ini tidak selalu efisien dan dapat memakan waktu, terutama dalam gudang yang besar dengan ribuan barang yang tersebar di berbagai lokasi penyimpanan.

Voice Picking adalah teknologi yang mengubah cara pengambilan barang dilakukan di dalam gudang. Dengan menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras khusus, pekerja gudang dapat berkomunikasi dengan sistem komputer melalui perintah suara. Sistem ini memberikan instruksi suara kepada pekerja tentang barang yang harus diambil dan lokasi persis di mana barang tersebut tersimpan. Pekerja kemudian mengonfirmasi tindakan mereka dengan suara, yang direkam oleh perangkat dan diintegrasikan ke dalam sistem untuk pemantauan dan pelaporan.

Baca juga: Landed Cost adalah: Arti, Faktor, Rumus, dan Contoh

Bagaimana Voice Picking Bekerja

Cara Kerja Voice Picking

Sistem ini telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pengelolaan gudang, membantu perusahaan memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat, akurat, dan efisien. Untuk lebih memahami cara kerja Voice Picking, mari kita telusuri lebih rinci setiap tahapnya:

1. Pemilihan Pesanan

Tahap awal dalam penggunaannya adalah pemilihan pesanan yang akan diproses. Biasanya, sistem informasi gudang akan mengidentifikasi pesanan-pesanan yang perlu diproses dan mengorganisirnya dalam suatu daftar.

2. Pengelompokan Pesanan (Order Batching)

Pesanan-pesanan yang telah dipilih kemudian dikelompokkan ke dalam apa yang disebut “gelombang” (wave) pengambilan. Pengelompokan ini dapat dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, seperti zona gudang, jenis barang, prioritas pesanan, atau waktu pengiriman yang diharapkan. Tujuan dari pengelompokan ini adalah untuk mengurangi perjalanan yang tidak perlu di dalam gudang.

3. Instruksi Suara

Setelah pesanan dikelompokkan, sistem informasi gudang akan menghasilkan instruksi suara yang berisi informasi tentang barang yang harus diambil, jumlahnya, dan lokasi persis di mana barang tersebut tersimpan di dalam gudang. Instruksi suara ini disampaikan melalui perangkat suara yang dikenakan oleh pekerja gudang, seperti headset atau perangkat genggam.

4. Konfirmasi Suara

Setelah menerima instruksi suara, pekerja gudang akan mengonfirmasi tindakan mereka dengan suara. Mereka akan menggunakan perintah suara seperti “Barang ditemukan” atau “Barang diambil” untuk memastikan bahwa mereka mengikuti instruksi dengan benar.

5. Pemantauan dan Pelaporan

Selama proses pengambilan, semua interaksi suara antara pekerja gudang dan sistem dicatat dan direkam. Ini memungkinkan untuk pemantauan kinerja pekerja, memeriksa akurasi pengambilan, dan menciptakan laporan yang dapat digunakan untuk analisis dan perbaikan berkelanjutan.

6. Penyelesaian Gelombang

Setelah semua pesanan dalam gelombang tertentu telah selesai diproses, gudang akan melanjutkan ke gelombang berikutnya jika ada. Proses ini berlanjut hingga semua pesanan selesai diproses.

7. Pengiriman

Setelah semua pesanan dalam gelombang-gelombang tersebut telah selesai diproses, barang-barang yang telah diambil akan disiapkan untuk pengiriman kepada pelanggan atau tahap berikutnya dalam rantai pasokan.

Alat yang Digunakan pada Voice Picking

Sistem Voice Picking biasanya terintegrasi dengan solusi WMS (Warehouse Management System) atau ERP (Enterprise Resource Planning) yang berjalan di lokasi atau di cloud. Setiap pekerja pengambilan barang harus mengenakan headset dan mikrofon industri, serta membawa perangkat mobile yang menjalankan aplikasi Voice Picking.

Solusi yang lebih canggih mungkin menambahkan aksesori yang menggabungkan pengenalan suara dengan pemindaian kode batang atau mencakup alat tampilan seperti kacamata pintar. Untuk mendukung versi teknologi berbasis cloud, gudang-gudang harus memiliki koneksi internet yang cepat dan dapat diandalkan.

Kapan Voice Picking Menjadi Solusi yang Tepat?

Voice picking dapat digunakan di gudang-gudang dengan berbagai ukuran, tetapi sangat cocok untuk gudang-gudang besar dengan volume tinggi berbagai item, masing-masing dengan unit penyimpanan stok (SKU) sendiri yang memiliki kode batang yang dapat dipindai. Ini lebih efisien secara biaya dibandingkan dengan sistem lain, seperti “pick to light” (PTL), yang menggunakan lampu LED berwarna-warni bersama dengan serangkaian huruf dan angka untuk mengarahkan pekerja ke lokasi pengambilan yang tepat. Solusi-solusi tersebut bisa mahal karena modul-modulnya dipasang di lokasi pengambilan fisik, dan pemasangan pencahayaan di area luas bisa sangat mahal.

Voice picking juga dapat digunakan di luar gudang, termasuk di jalur manufaktur dan di toko-toko. Misalnya, di toko ritel, operator voice picking dapat menerima instruksi verbal melalui headset dan mengambil bagian dari pesanan ritel, mengonfirmasi setiap item saat mereka menemukannya. Ketika item terakhir untuk pesanan tersebut dipilih, sistem akan memberikan instruksi kepada picker untuk menyelesaikan tugasnya — misalnya, mengantarkan pesanan yang sudah selesai ke area pengiriman.

Voice picking juga dapat membantu ketika picker perlu mengangkat barang berat, seperti di gudang ban, di mana mereka sering perlu menggunakan kedua lengan. Beberapa solusi sangat berharga bagi pekerja di lingkungan yang dingin dan sangat beku di mana pekerja biasanya mengenakan sarung tangan, sehingga sulit untuk mengoperasikan keyboard untuk input data.

Sejarah Voice Picking

Gudang-gudang telah menggunakan Voice Picking selama beberapa dekade untuk meningkatkan efisiensi pekerja. Perangkat lunak pengenalan suara pertama kali mendapatkan perhatian pada akhir tahun 1990-an, dan para pengguna awal teknologi suara di gudang harus bekerja mengatasi keterbatasan perangkat lunak tersebut. Namun, bahkan aplikasi awal ini tetap meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerja pemilihan pesanan dan operator gudang.

Selama beberapa dekade berikutnya, teknologi ini terus berkembang, dengan vendor-vendor menginvestasikan jutaan dolar untuk meningkatkan akurasi pengenalan suara. Itu salah satu alasan mengapa sistem Voice Picking saat ini mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 15% yang telah disebutkan sebelumnya.

Manfaat Voice Picking

Manfaat Voice Picking

Penggunaan teknologi Voice Picking dalam pengelolaan gudang membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari metode ini:

Peningkatan Produktivitas

Salah satu manfaat paling mencolok dari Voice Picking adalah peningkatan produktivitas dalam pengambilan barang. Dengan menghilangkan kebutuhan untuk membaca daftar pesanan atau memindai kode batang secara manual, pekerja gudang dapat bekerja lebih cepat dan lebih efisien. Mereka dapat fokus sepenuhnya pada tugas pengambilan, tanpa terganggu oleh tugas-tugas administratif yang memerlukan pengawasan mata.

Akurasi yang Lebih Tinggi

Voice Picking membantu mengurangi kesalahan manusia dalam proses pengambilan barang. Instruksi suara yang jelas dan verifikasi suara oleh pekerja gudang meminimalkan risiko kesalahan pengambilan. Hasilnya adalah peningkatan akurasi dalam pengiriman barang kepada pelanggan, mengurangi risiko pengiriman yang tidak tepat atau pengiriman ganda.

Pelatihan yang Cepat

Proses pelatihan untuk menggunakan metode ini relatif cepat dan sederhana. Pekerja gudang dapat dengan cepat terbiasa dengan teknologi ini, sehingga memungkinkan perusahaan untuk lebih cepat menambahkan pekerja baru atau melatih pekerja yang ada dalam sistem.

Pemantauan Kinerja yang Lebih Baik

Voice Picking mencatat semua interaksi suara antara pekerja gudang dan sistem. Ini memungkinkan manajemen gudang untuk memantau kinerja pekerja secara lebih efektif. Mereka dapat mengidentifikasi area di mana pekerja perlu perbaikan atau pelatihan tambahan. Informasi yang tercatat juga dapat digunakan untuk mengevaluasi produktivitas individu atau tim.

Pengurangan Biaya Operasional

Meskipun implementasi metode ini memerlukan investasi awal dalam perangkat keras dan perangkat lunak, manfaat jangka panjangnya dapat mengurangi biaya operasional gudang. Peningkatan produktivitas dan akurasi dapat menghasilkan penghematan yang signifikan. Selain itu, manajemen stok yang lebih baik juga dapat mengurangi biaya penyimpanan yang berlebihan atau pengeluaran akibat stok yang rusak atau kadaluwarsa.

Penyesuaian dengan Berbagai Industri

Voice Picking dapat diterapkan dalam berbagai industri, termasuk logistik, e-commerce, manufaktur, farmasi, grosir, dan banyak lagi. Ini membuat teknologi ini sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bisnis.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Akurasi yang lebih tinggi dalam pengiriman dan pemenuhan pesanan yang lebih cepat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang mendapatkan pesanan mereka dengan benar dan dalam waktu yang singkat cenderung lebih puas dan setia.

Kepatuhan dengan Regulasi

Di beberapa industri, seperti farmasi atau makanan dan minuman, kepatuhan terhadap regulasi sangat penting. Voice Picking membantu mengikuti prosedur yang ditentukan dan mencatat semua tindakan, yang dapat digunakan sebagai bukti kepatuhan saat diperlukan.

Fleksibilitas dalam Pengelolaan Stok

Voice Picking juga memungkinkan perusahaan untuk lebih fleksibel dalam pengelolaan stok. Mereka dapat dengan cepat menyesuaikan pengambilan barang berdasarkan permintaan pelanggan atau perubahan dalam permintaan pasar.

Meningkatkan Efisiensi Keseluruhan Gudang

Secara keseluruhan, Voice Picking dapat mengubah gudang menjadi pusat operasi yang lebih efisien dan modern. Ini membantu perusahaan bersaing di pasar yang semakin kompetitif dengan mengurangi waktu siklus pesanan, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya.

Penerapan Voice Picking dalam Berbagai Industri

Keunggulan utamanya dalam meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas dalam pengambilan barang menjadikannya solusi yang berharga di berbagai konteks. Berikut adalah beberapa industri yang telah menerapkan Voice Picking dengan sukses:

Logistik dan Distribusi

Industri logistik dan distribusi adalah yang paling umum menggunakan Voice Picking. Dalam lingkungan ini, Voice Picking membantu memastikan bahwa pengiriman dilakukan dengan cepat dan akurat. Gudang besar dengan volume pesanan yang tinggi dapat mendapatkan manfaat besar dari teknologi ini.

E-commerce

Perusahaan e-commerce dengan volume pesanan yang tinggi juga sangat mengandalkan Voice Picking. Teknologi ini memungkinkan mereka untuk memenuhi pesanan pelanggan dengan cepat dan akurat, meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, gudang yang digunakan dalam operasi e-commerce seringkali memiliki ribuan barang yang tersebar di berbagai lokasi penyimpanan, yang membuat Voice Picking sangat penting untuk efisiensi operasional.

Manufaktur

Dalam lingkungan manufaktur, Voice Picking digunakan untuk mengelola bahan baku dan komponen yang dibutuhkan dalam proses produksi. Ini membantu menghindari kekurangan bahan dan memastikan bahwa produksi berjalan lancar tanpa interupsi akibat kekurangan barang.

Farmasi dan Perawatan Kesehatan

Industri farmasi dan perawatan kesehatan mengandalkan akurasi tinggi dalam pengelolaan stok dan pengiriman obat-obatan dan peralatan medis. Voice Picking membantu memenuhi standar ketat ini dan meminimalkan risiko kesalahan yang dapat membahayakan pasien.

Grosir

Perusahaan grosir sering memiliki gudang besar dengan berbagai jenis produk. Voice Picking membantu mengelola inventaris dengan lebih efisien, meningkatkan akurasi dalam pengambilan, dan mempercepat proses persiapan pesanan untuk pengiriman ke pelanggan grosir.

Retail

Dalam sektor ritel, terutama pada gerai yang memiliki gudang untuk pengelolaan stok, Voice Picking dapat membantu dalam pengambilan barang yang diperlukan untuk mengisi rak toko. Ini memastikan ketersediaan barang yang tepat di toko-toko, meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

Makanan dan Minuman

Dalam industri makanan dan minuman, Voice Picking dapat digunakan untuk mengelola persediaan bahan baku, komponen, dan produk jadi. Ini membantu dalam menjaga persediaan yang tepat, memastikan kualitas produk, dan memenuhi permintaan pelanggan.

Pergudangan Dingin

Dalam lingkungan gudang yang mengelola produk beku atau berpendingin, Voice Picking sangat bermanfaat karena mengurangi waktu yang dihabiskan pekerja di dalam lingkungan beku atau berpendingin.

Pakaian dan Tekstil

Dalam industri pakaian dan tekstil, Voice Picking membantu dalam pengambilan barang dari rak yang penuh dengan produk pakaian dan tekstil yang beragam. Ini meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam pemrosesan pesanan pelanggan.

Elektronik

Perusahaan yang mengelola barang-barang elektronik dengan beragam jenis dan nilai yang tinggi juga telah mengadopsi Voice Picking. Ini membantu memastikan bahwa barang elektronik yang mahal dan rentan terhadap kerusakan diambil dan diproses dengan hati-hati.

Baca juga: Manajemen Persediaan: Metode, Manfaat, Tantangan

Tantangan dalam Implementasi Voice Picking

Tantangan Voice Picking

Meskipun Voice Picking merupakan teknologi yang sangat bermanfaat, ada sejumlah tantangan yang perlu diatasi dalam proses implementasinya di berbagai lingkungan gudang. Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin dihadapi selama implementasi Voice Picking:

Biaya Awal

Implementasi Voice Picking memerlukan investasi awal dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan pelatihan. Biaya ini bisa cukup tinggi dan mungkin menjadi hambatan untuk beberapa perusahaan, terutama yang memiliki anggaran terbatas.

Pelatihan Pekerja

Meskipun pelatihan untuk menggunakan Voice Picking relatif cepat, pekerja gudang memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan teknologi baru ini. Mereka harus terbiasa dengan perangkat suara, instruksi suara, dan cara berinteraksi dengan sistem. Proses ini memerlukan waktu dan upaya.

Kompatibilitas Sistem

Voice Picking harus dapat berintegrasi dengan sistem informasi gudang yang sudah ada. Ini mungkin memerlukan perubahan atau penyesuaian pada sistem yang sudah ada, yang bisa menghabiskan waktu dan biaya tambahan.

Kebisingan di Lingkungan Kerja

Dalam lingkungan gudang yang bising, pemahaman suara antara pekerja dan sistem bisa menjadi tantangan. Perangkat suara harus dirancang untuk mengatasi kebisingan latar, dan pekerja mungkin memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan penggunaan perangkat ini dalam kondisi berisik.

Kesulitan Berbicara

Beberapa pekerja gudang mungkin memiliki kesulitan berbicara dengan jelas, terutama jika mereka memiliki aksen atau bahasa ibu yang berbeda. Teknologi Voice Picking mungkin memerlukan pemahaman suara yang baik untuk berfungsi dengan efektif.

Manajemen Perangkat

Perangkat suara dan perangkat keras lainnya yang digunakan dalam Voice Picking memerlukan pemeliharaan dan pengelolaan yang baik. Ini mencakup penggantian baterai, pemeliharaan perangkat, dan manajemen perangkat lunak yang terkait.

Perubahan dalam Proses Operasional

Implementasi Voice Picking seringkali memerlukan perubahan dalam proses operasional gudang yang sudah ada. Pekerja gudang harus mengadaptasi diri terhadap cara baru dalam melaksanakan tugas mereka, dan ini bisa menjadi tantangan terutama jika ada perlawanan terhadap perubahan.

Tingkat Penerimaan Pekerja

Penerimaan teknologi oleh pekerja gudang dapat menjadi masalah jika mereka tidak melihat nilai tambah yang jelas atau jika mereka khawatir bahwa teknologi ini dapat mengancam pekerjaan mereka.

Skalabilitas

Implementasi Voice Picking harus dapat disesuaikan dengan pertumbuhan dan perubahan bisnis. Ini mencakup kemampuan untuk menambahkan pekerja baru atau menggabungkan lebih banyak gudang ke dalam sistem Voice Picking yang ada.

Masalah Teknis

Seperti halnya semua teknologi, Voice Picking juga bisa mengalami masalah teknis seperti kerusakan perangkat keras, pemadaman sistem, atau masalah koneksi. Kehandalan teknologi ini menjadi penting untuk menjaga operasi gudang berjalan lancar.

Kesimpulan

Voice Picking adalah teknologi yang telah mengubah cara gudang beroperasi. Dengan memanfaatkan suara, proses pengambilan barang menjadi lebih cepat, akurat, dan efisien. Manfaatnya meliputi peningkatan produktivitas, akurasi yang lebih tinggi, pelatihan yang cepat, pemantauan kinerja yang lebih baik, dan pengurangan biaya operasional. Meskipun ada beberapa tantangan dalam implementasinya, banyak perusahaan telah merasakan manfaat besar dari Voice Picking dalam meningkatkan operasi gudang mereka. Dengan terus berkembangnya teknologi, kita dapat mengharapkan bahwa Voice Picking akan terus menjadi bagian integral dari pengelolaan gudang modern.

Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai: Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

Sekilas Tentang TAG Samurai

Ingin mengoptimalkan pengelolaan inventaris Anda? Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai adalah solusinya. Dengan teknologi canggih yang terintegrasi, TAG Samurai mengubah cara Anda mengelola dan melacak inventaris bisnis Anda.

Meningkatkan Efisiensi

Dengan TAG Samurai, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi setiap barang dalam inventaris Anda. Ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan manusia. Hasilnya? Efisiensi bisnis yang signifikan.

  • Pencarian Cepat: Temukan barang dalam hitungan detik.
  • Pantau Stok: Dapatkan pembaruan real-time tentang ketersediaan barang.
  • Prediksi Kebutuhan: Perangkat cerdas kami membantu Anda merencanakan stok dengan lebih baik.

Manajemen yang Lebih Baik

TAG Samurai bukan hanya tentang melacak barang, tetapi juga tentang mengelola mereka dengan lebih baik.

  • Penyusunan Kategori: Susun barang Anda dalam kategori yang mudah diakses.
  • Peringatan Stok Rendah: Dapatkan peringatan otomatis saat stok mendekati habis.
  • Riwayat Transaksi: Pantau setiap perubahan dalam inventaris Anda.

Analisis Data yang Mendalam

Untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, Anda perlu memahami tren dan pola dalam inventaris Anda.

  • Laporan Analitis: Dapatkan wawasan mendalam tentang performa inventaris.
  • Prediksi Penjualan: Rencanakan masa depan dengan data yang akurat.
  • Pengoptimalan Keuntungan: Identifikasi produk-produk yang paling menguntungkan.

Mengapa Memilih TAG Samurai?

Dengan Aplikasi Inventaris Barang TAG Samurai, Anda akan mendapatkan kendali penuh atas inventaris Anda. Dengan berbagai fitur canggih, Anda dapat meningkatkan efisiensi, mengelola stok dengan lebih baik, dan membuat keputusan yang lebih cerdas.

  • Ekonomis: Investasi cerdas dengan pengembalian investasi yang cepat.
  • Mudah Digunakan: Antarmuka yang ramah pengguna, tidak memerlukan pelatihan khusus.
  • Skalabilitas: Cocok untuk bisnis kecil hingga besar.
  • Dukungan 24/7: Tim kami selalu siap membantu Anda.
  • Keamanan Data: Data inventaris Anda aman dan terlindungi.

Baca juga: Wave Picking adalah: Implementasi, Manfaat, Tantangan