Pro-Ocean Cryptojacking: Ancaman Siber yang Mengintai di Lautan Crypto

Pada tahun 2019, peneliti Unit 42 mendokumentasikan malware bertarget cloud yang digunakan oleh Rocke Group untuk melakukan serangan cryptojacking untuk menambang Monero. Sejak saat itu, perusahaan keamanan siber sudah memiliki malware ini di radar mereka, yang menghambat operasi Pro-Ocean Cryptojacking buatan Rocke Group. Sebagai tanggapan, pelaku ancaman memperbarui malware.

Di sini, peneliti Palo Alto menemukan versi revisi dari malware cryptojacking bertarget cloud yang sama, yang sekarang menyertakan rootkit dan kemampuan worm yang baru dan lebih baik. Kami juga merinci teknik persembunyian yang digunakan oleh malware untuk menghindari metode deteksi perusahaan keamanan siber, sembari menjelaskan struktur empat modulnya. Para peneliti Palo Alto  menamai malware Pro-Ocean sesuai dengan nama yang dipilih penyerang untuk skrip penginstalan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan rinci tentang Pro-Ocean Cryptojacking. Bagaimana serangan ini beroperasi, dan dampaknya yang merugikan terhadap pengguna dan organisasi yang terinfeksi. Dengan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik dan metode yang digunakan oleh Pro-Ocean Cryptojacking, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri kita dari ancaman ini.

Apa Itu Pro-Ocean Cryptojacking

Pro-Ocean Cryptojacking adalah serangan yang menggunakan malware Pro-Ocean untuk mencuri sumber daya perangkat dan mengarahkannya untuk menambang mata uang kripto secara ilegal. Serangan ini mengincar perangkat yang terhubung ke internet, termasuk komputer, server, dan perangkat mobile. Melalui serangan Pro-Ocean Cryptojacking, penyerang dapat memanfaatkan daya CPU dan sumber daya komputasi perangkat korban untuk menambang mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, atau Monero.

Baca juga: Patut Anda Ketahui! Ancaman Ransomware Cryptolocker

Cara Kerja Pro-Ocean Cryptojacking

Cara Kerja Pro-Ocean Cryptojacking

Serangan Pro-Ocean Cryptojacking dimulai dengan menyebarkan malware Pro-Ocean ke perangkat target melalui berbagai metode. Hal ini termasuk unduhan berbahaya, eksploitasi kerentanan perangkat, atau serangan phishing. Begitu terinfeksi, perangkat menjadi bagian dari jaringan yang dikendalikan oleh penyerang.

Pro-Ocean menggunakan kerentanan yang diketahui untuk menargetkan aplikasi cloud. Dalam analisis peneliti Palo Alto, mereka menemukan Pro-Ocean menargetkan Apache ActiveMQ (CVE-2016-3088), Oracle WebLogic (CVE-2017-10271) dan Redis (instans tidak aman).

Saat malware berjalan di Tencent Cloud atau Alibaba Cloud, malware ini akan menggunakan kode persis malware sebelumnya untuk menghapus agen pemantauan untuk menghindari deteksi. Selain itu, ia mencoba menghapus malware dan penambang lainnya termasuk Luoxk, BillGates, XMRig, dan Hashfish sebelum penginstalan. Setelah terinstal, malware mematikan proses apa pun yang menggunakan CPU secara berlebihan, sehingga dapat menggunakan 100% CPU dan menambang Monero secara efisien.

Malware Pro-Ocean bekerja secara diam-diam di latar belakang perangkat terinfeksi. Itu menggunakan daya CPU dan sumber daya lainnya untuk menambang mata uang kripto. Dengan cara ini, penyerang dapat memperoleh keuntungan finansial tanpa sepengetahuan atau izin pengguna.

Dampak dan Bahaya Pro-Ocean Cryptojacking

Dampak dan Bahaya Pro-Ocean Cryptojacking

Dampak dan bahayanya mirip dengan serangan cryptojacking pada umumnya. Berikut adalah beberapa dampak dan bahaya yang dapat disebabkan oleh serangan Pro-Ocean cryptojacking:

Penurunan Kinerja Perangkat

Pro-Ocean cryptojacking menggunakan sumber daya komputasi, seperti CPU dan GPU, dari perangkat yang terinfeksi untuk menambang kriptokurensi Pro-Ocean tanpa izin. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja perangkat tersebut, yang dapat memengaruhi kemampuan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau melakukan tugas secara efisien.

Kenaikan Biaya Operasional

Penggunaan sumber daya komputasi tambahan yang disebabkan oleh Pro-Ocean cryptojacking dapat meningkatkan biaya operasional, terutama jika terjadi peningkatan konsumsi listrik atau pendinginan perangkat.

Gangguan Layanan dan Kegiatan Bisnis

Penurunan kinerja perangkat akibat serangan cryptojacking dapat mengganggu layanan yang dijalankan pada perangkat tersebut. Hal ini dapat mengganggu produktivitas pengguna dan operasi bisnis yang bergantung pada perangkat tersebut.

Kerentanan Terhadap Ancaman Lainnya

Perangkat yang terinfeksi Pro-Ocean cryptojacking dapat menjadi sasaran bagi serangan cyber yang lebih serius, seperti pencurian data, ransomware, atau serangan malware lainnya. Ini dapat mengakibatkan kerugian finansial yang lebih besar dan kerugian reputasi yang signifikan.

Kerugian Finansial

Selain biaya operasional tambahan, serangan Pro-Ocean cryptojacking juga dapat mengakibatkan kerugian finansial langsung, seperti biaya untuk memulihkan perangkat yang terinfeksi, hilangnya pendapatan akibat penurunan kinerja sistem, atau kerugian investasi yang terkait dengan aset kripto yang dicuri.

Baca juga: Perbandingan Antivirus dan Antimalware

Cara Mendeteksi Pro-Ocean Cryptojacking

Cara Mendeteksi Pro-Ocean Cryptojacking

Ada beberapa tanda yang dapat membantu Anda mendeteksi adanya aktivitas cryptojacking pada perangkat Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mendeteksi Pro-Ocean cryptojacking:

Peningkatan Penggunaan CPU dan RAM

Salah satu tanda utama cryptojacking adalah peningkatan yang tidak biasa dalam penggunaan CPU dan RAM pada perangkat Anda. Anda dapat memantau penggunaan sumber daya komputasi dengan menggunakan Task Manager di Windows atau Activity Monitor di macOS.

Penurunan Kinerja Sistem

Jika perangkat Anda tiba-tiba mengalami penurunan kinerja yang signifikan, seperti lambatnya respons atau kegagalan sistem, ini bisa menjadi indikasi adanya aktivitas cryptojacking yang mengganggu operasi normal perangkat Anda.

Pemeriksaan Proses Aktif

Lakukan pemeriksaan terhadap proses-proses yang sedang berjalan di perangkat Anda. Cari proses-proses yang mencurigakan atau tidak dikenal yang mungkin terkait dengan penambangan kriptokurensi. Ini bisa dilakukan melalui Task Manager atau utilitas serupa.

Pemantauan Aktivitas Jaringan

Gunakan alat pemantauan jaringan untuk memeriksa lalu lintas jaringan dari perangkat Anda. Jika ada koneksi yang mencurigakan ke server penambang kriptokurensi atau alamat IP yang tidak dikenal, ini bisa menjadi petunjuk adanya aktivitas cryptojacking.

Pemeriksaan Log

Periksa log aktivitas sistem dan jaringan untuk mencari tanda-tanda serangan atau aktivitas yang mencurigakan. Cryptojacking mungkin meninggalkan jejak dalam log, seperti entri yang mencurigakan atau aktivitas yang tidak biasa dari proses tertentu.

Pemantauan Penggunaan Bandwidth

Amati penggunaan bandwidth jaringan pada perangkat Anda. Peningkatan yang tidak biasa dalam penggunaan bandwidth juga dapat menjadi indikasi adanya aktivitas cryptojacking.

Perhatikan Peningkatan Konsumsi Daya

Jika menggunakan perangkat berbasis baterai seperti laptop atau ponsel, perhatikan jika ada peningkatan konsumsi daya yang tidak wajar. Cryptojacking dapat meningkatkan penggunaan daya baterai karena aktivitas komputasi yang berlebihan.

Cara Mencegah Pro-Ocean Cryptojacking

Cara Mencegah

Untuk mencegah serangan Pro-Ocean cryptojacking, Anda dapat mengambil serangkaian langkah-langkah pencegahan yang kuat. Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi perangkat Anda dari serangan Pro-Ocean cryptojacking:

Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan sistem operasi, perangkat lunak aplikasi, dan program keamanan Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru. Perbaruan seringkali memperbaiki kerentanan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat untuk melakukan serangan cryptojacking.

Pemindaian Rutin dengan Perangkat Lunak Keamanan

Gunakan perangkat lunak keamanan yang dapat mendeteksi dan menghapus malware, termasuk program penambangan kriptokurensi seperti Pro-Ocean cryptojacking. Lakukan pemindaian rutin dan pastikan perangkat lunak tersebut selalu diperbarui.

Gunakan Program Antivirus dan Anti-Malware

Instal dan aktifkan program antivirus dan anti-malware yang andal. Program ini dapat membantu mendeteksi dan menghapus program jahat, termasuk malware yang terkait dengan serangan cryptojacking.

Firewall dan Filter Jaringan

Aktifkan firewall pada perangkat Anda dan gunakan filter jaringan untuk memblokir akses ke situs web yang mencurigakan atau alamat IP yang terkait dengan serangan cryptojacking.

Perhatikan Sumber Daya Sistem

Perhatikan penggunaan CPU, RAM, dan sumber daya sistem lainnya secara teratur. Peningkatan yang tidak biasa dalam penggunaan sumber daya tersebut dapat menjadi indikasi adanya serangan cryptojacking.

Hati-hati dengan Tautan dan Lampiran

Hindari mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau tidak dipercaya. Serangan cryptojacking sering kali dimulai dengan tautan phishing atau lampiran berbahaya yang menyebarkan malware.

Pendidikan dan Kesadaran

Tingkatkan kesadaran tentang serangan cryptojacking di antara pengguna Anda. Berikan pelatihan tentang tanda-tanda serangan dan praktik keamanan yang baik, seperti menjaga perangkat lunak selalu diperbarui dan tidak mengklik tautan atau lampiran yang mencurigakan.

Pantau Aktivitas Jaringan

Gunakan alat pemantauan jaringan untuk memeriksa lalu lintas jaringan dan mencari tanda-tanda aktivitas yang mencurigakan, seperti komunikasi dengan server penambang kriptokurensi Pro-Ocean.

Perbarui Kebijakan dan Prosedur Keamanan

Tinjau dan perbarui kebijakan dan prosedur keamanan Anda secara teratur untuk mencakup ancaman cryptojacking. Pastikan karyawan atau pengguna lainnya sadar akan risiko dan tahu bagaimana melaporkan aktivitas yang mencurigakan.

Kesimpulan

Malware Cryptojacking yang menargetkan cloud berkembang saat penyerang memahami potensi lingkungan tersebut untuk menambang koin crypto. Kami sebelumnya melihat serangan yang lebih sederhana oleh Grup Rocke, tetapi tampaknya grup ini menghadirkan ancaman yang terus berkembang. Malware yang menargetkan cloud ini bukanlah sesuatu yang biasa karena memiliki kemampuan worm dan rootkit. Kami dapat berasumsi bahwa tren pertumbuhan serangan canggih di cloud akan terus berlanjut.

Malware ini adalah contoh yang menunjukkan bahwa solusi keamanan berbasis agen penyedia cloud mungkin tidak cukup untuk mencegah malware yang mengincar target infrastruktur cloud publik.

Pro-Ocean Cryptojacking adalah serangan berbahaya yang mencuri sumber daya perangkat untuk menambang mata uang kripto secara ilegal. Serangan ini memiliki dampak merugikan pada kinerja perangkat, konsumsi daya yang berlebihan, dan risiko terhadap keamanan dan privasi pengguna.

Untuk melindungi diri dari serangan Pro-Ocean Cryptojacking, penting untuk meningkatkan kesadaran tentang serangan phishing, memperbarui perangkat lunak secara teratur, menggunakan solusi keamanan yang handal, dan memantau aktivitas perangkat dengan cermat. Dengan tindakan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko dan menjaga keamanan perangkat dan data pribadi kita dari serangan Pro-Ocean Cryptojacking yang berbahaya.

Lindungi Bisnis Anda dari Ancaman Malware dengan Heimdal Security

Perlindungan Terhadap Ancaman Malware yang Berkembang Pesat

Heimdal Security adalah solusi yang andal untuk melindungi bisnis Anda dari berbagai jenis malware yang terus berkembang pesat. Dengan deteksi dini dan pencegahan yang efektif, Anda dapat menjaga keamanan sistem Anda dan menghindari dampak negatif dari serangan malware.

Keamanan yang Adaptif dan Berkualitas Tinggi

Keunggulan Heimdal Security terletak pada keamanan yang adaptif dan berkualitas tinggi. Dibangun dengan teknologi canggih, solusi ini mampu mengidentifikasi dan mengatasi ancaman baru secara real-time, menjadikannya pilihan yang tepat untuk bisnis yang membutuhkan perlindungan maksimal.

Dukungan dan Layanan Pelanggan yang Profesional

Heimdal Security tidak hanya menawarkan produk yang unggul, tetapi juga menyediakan dukungan dan layanan pelanggan yang profesional. Tim ahli kami siap membantu Anda dalam penerapan solusi, pemecahan masalah, dan memberikan rekomendasi terbaik untuk keamanan bisnis Anda.

CTA ASDF Heimdal

Baca juga: Mengetahui Jenis Jenis Maintenance Aset

Kania Sutisnawinata