PowerGhost Cryptojacking: Cara Kerja dan Pencegahannya

Pakar keamanan siber Kaspersky pada Juli 2018 menemukan penambang yang berfokus terutama pada jaringan perusahaan. Sifat tanpa file dari PowerGhost Cryptojacking memungkinkan malware untuk menyusupkan dirinya ke workstation atau server korban tanpa diketahui. Sebagian besar serangan yang kami daftarkan sejauh ini terjadi di India, Turki, Brasil, atau Kolombia.

Setelah menembus infrastruktur perusahaan, PowerGhost mencoba masuk ke akun pengguna jaringan melalui alat administrasi jarak jauh yang sah, Windows Management Instrumentation (WMI). Malware mendapatkan login dan kata sandi menggunakan alat ekstraksi data yang disebut Mimikatz. Penambang juga dapat didistribusikan melalui eksploit EternalBlue untuk Windows, yang digunakan oleh pembuat WannaCry dan ExPetr. Secara teoritis, kerentanan itu telah ditambal selama satu tahun, tetapi dalam praktiknya terus berhasil.

Setelah berada di perangkat korban, malware berupaya meningkatkan hak istimewanya melalui berbagai kerentanan OS. Setelah itu, penambang memperoleh pijakan dalam sistem dan mulai menghasilkan mata uang kripto untuk pemiliknya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam tentang PowerGhost, makhluk cryptojacking yang merugikan. Kita akan menggali cara kerjanya, dampaknya yang merusak, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi diri kita dari serangan PowerGhost. Dengan pemahaman yang kuat tentang karakteristik dan metode yang digunakan oleh PowerGhost, kita dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan perangkat dan data kita.

Apa itu PowerGhost Cryptojacking

PowerGhost adalah jenis malware cryptojacking yang beroperasi secara diam-diam dan menginfeksi perangkat untuk menambang mata uang kripto tanpa sepengetahuan pengguna. Serangan PowerGhost pertama kali terdeteksi pada tahun 2017 dan sejak itu terus berkembang menjadi ancaman yang lebih canggih. PowerGhost memanfaatkan sumber daya perangkat yang terinfeksi, seperti CPU dan daya komputasi, untuk melakukan proses penambangan mata uang kripto, seperti Monero, dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial bagi para penyerang.

Baca juga: 7 Aspek Keamanan Komputer Yang Harus Diperhatikan

Cara Kerja PowerGhost Cryptojacking

Cara Kerja PowerGhost Cryptojacking

PowerGhost memiliki kemampuan untuk menyematkan dirinya sendiri tanpa terdeteksi dalam suatu sistem dan menyebar ke seluruh jaringan. Menurut Kaspersky, malware cryptojacking dimulai dengan menginfeksi satu mesin dan kemudian menyebar ke semua workstation dan server yang terhubung ke jaringan area lokal organisasi.

Malware tersebut merupakan kombinasi skrip PowerShell, yang berisi modul tambahan yang melakukan tugas penambangan, dan EternalBlue, yang membantu malware menyebar ke seluruh jaringan tanpa disadari. Kombinasi ini, menurut pakar Kaspersky, membuatnya sangat sulit untuk mendeteksi PowerGhost di jaringan mana pun. Dan karena tidak disimpan di hard drive, malware dapat beroperasi tanpa terdeteksi untuk jangka waktu yang lama.

Malware mulai bekerja dengan menggunakan eksploit atau alat administrasi seperti Windows Management Instrumentation. Malware ini  memasukkan dirinya sendiri dan perlahan mulai menjalankan perintahnya.

Semakin tinggi jumlah mesin yang terinfeksi, semakin tinggi keuntungan yang dihasilkannya, menurut pakar keamanan. Selama proses penambangan, penyerang dapat mengkompromikan jaringan yang terinfeksi untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin. Selain menambang, malware dapat mencuri informasi penting dari perangkat yang terinfeksi.

Serangan PowerGhost dimulai dengan menyusup ke perangkat melalui berbagai metode, termasuk eksploitasi kerentanan perangkat atau serangan phishing yang cerdik. Setelah berhasil memasuki perangkat, PowerGhost akan menyembunyikan jejaknya dan mulai mengeksploitasi sumber daya perangkat tersebut.

PowerGhost menggunakan teknik persembunyian yang canggih untuk menghindari deteksi, seperti mengubah nama file dan mengacak kode malware. Selain itu, PowerGhost juga dapat menyebar ke perangkat lain dalam jaringan yang sama, menciptakan botnet yang lebih luas untuk meningkatkan efek serangannya.

Dampak dan Bahaya PowerGhost Cryptojacking

Dampak dan Bahaya PowerGhost Cryptojacking

Serangan PowerGhost memiliki dampak yang merugikan pada pengguna dan organisasi yang terinfeksi. Pertama, serangan ini dapat menyebabkan penurunan kinerja perangkat yang terinfeksi. Pengguna mungkin mengalami keterlambatan dalam respons, hang atau crash sistem yang tidak dapat dijelaskan, dan penurunan efisiensi kerja.

Selain itu, serangan PowerGhost dapat menyebabkan peningkatan biaya operasional yang signifikan. Perangkat yang terinfeksi mengkonsumsi lebih banyak daya dan sumber daya komputasi, yang dapat menyebabkan kenaikan tagihan listrik dan mempengaruhi keberlanjutan operasional perusahaan.

Tentu saja, risiko terhadap keamanan dan privasi juga sangat tinggi. PowerGhost dapat digunakan sebagai pintu masuk untuk serangan yang lebih luas, mencuri informasi sensitif, atau mengeksploitasi kerentanan sistem untuk keuntungan penyerang.

Baca juga: Ini Cara Mudah Cek Keamanan Email dan Lindungi Data

Cara Mendeteksi PowerGhost Cryptojacking

Dampak dan Bahaya PowerGhost Cryptojacking

Berikut adalah beberapa cara untuk mendeteksi keberadaan PowerGhost Cryptojacking pada sistem Anda:

Pemantauan Penggunaan Sumber Daya

Perhatikan penggunaan CPU, GPU, dan memori pada sistem Anda. Jika Anda melihat lonjakan tiba-tiba dalam penggunaan sumber daya tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda adanya aktivitas penambangan cryptocurrency yang tidak sah.

Pemantauan Jaringan

Gunakan alat pemantauan jaringan seperti Wireshark untuk memeriksa lalu lintas jaringan yang keluar masuk dari sistem Anda. Perhatikan komunikasi yang mencurigakan atau tidak biasa dengan alamat IP yang tidak dikenal atau domain yang tidak sah.

Pemeriksaan Proses dan Layanan

Periksa daftar proses dan layanan yang sedang berjalan di sistem Anda. Cari proses-proses yang mencurigakan atau tidak dikenal yang mungkin terkait dengan aktivitas penambangan cryptocurrency yang tidak sah.

Pemindaian Malware

Gunakan perangkat lunak antivirus atau anti-malware yang terbaru untuk melakukan pemindaian menyeluruh pada sistem Anda. Pastikan perangkat lunak tersebut diperbarui secara berkala agar dapat mendeteksi varian terbaru dari malware, termasuk PowerGhost Cryptojacking.

Pemantauan Log

Tinjau log sistem dan log aplikasi untuk mencari entri yang mencurigakan atau tidak biasa, seperti upaya perubahan konfigurasi sistem atau aktivitas tidak sah pada file-file sistem.

Analisis Konfigurasi

Periksa konfigurasi sistem dan aplikasi untuk mencari tanda-tanda modifikasi atau manipulasi yang tidak sah. PowerGhost Cryptojacking mungkin telah melakukan perubahan pada konfigurasi sistem untuk memfasilitasi operasinya.

Pemantauan Aktivitas Pengguna

Perhatikan aktivitas pengguna yang tidak biasa, seperti mengklik tautan atau lampiran yang mencurigakan, atau menginstal perangkat lunak yang tidak dikenal. Ini bisa menjadi tanda bahwa sistem Anda telah terinfeksi oleh malware.

Periksa Koneksi Jaringan yang Tidak Biasa

Perhatikan apakah ada koneksi keluar yang tidak biasa dari sistem Anda ke alamat IP yang tidak dikenal atau domain yang mencurigakan. Ini bisa menjadi indikasi adanya aktivitas malware.

Cara Mencegah PowerGhost Cryptojacking

Cara Mencegah PowerGhost Cryptojacking

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah serangan PowerGhost atau jenis malware cryptojacking lainnya:

Up-to-date Software Cyber Security

Pastikan perangkat lunak keamanan Anda, termasuk antivirus dan antimalware, selalu diperbarui ke versi terbaru. Perangkat lunak keamanan yang terkini akan memiliki deteksi yang lebih baik terhadap ancaman baru, termasuk malware cryptojacking.

Perbarui Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

Pastikan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya di komputer Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaharuan ini seringkali menyertakan patch keamanan yang memperbaiki kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh malware cryptojacking.

Hindari Klik Tautan atau Lampiran yang Tidak Dikenal

Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari email atau situs web yang tidak dikenal atau mencurigakan. Serangan cryptojacking sering kali dimulai dengan teknik phishing yang menyesatkan pengguna untuk mengunduh atau menjalankan malware.

Periksa Lalu Lintas Jaringan

Gunakan perangkat lunak firewall dan intrusion detection/prevention system (IDS/IPS) untuk memantau lalu lintas jaringan dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, seperti upaya komunikasi dengan domain yang terkait dengan penambangan kripto.

Pembaruan Browser dan Ekstensi

Pastikan browser web Anda dan semua ekstensi yang Anda gunakan diperbarui secara teratur. Malware cryptojacking sering kali menyusup melalui ekstensi browser yang rentan.

Gunakan Pemblokir Iklan dan Skrip Cryptomining

Memasang ekstensi pemblokir iklan dan skrip di browser Anda dapat membantu mencegah eksekusi script penambangan kripto yang disisipkan di halaman web.

Periksa Penggunaan Sumber Daya

Periksa aktivitas CPU dan penggunaan sumber daya sistem Anda secara teratur. Jika Anda melihat peningkatan yang signifikan tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda adanya malware cryptojacking.

Pendidikan Pengguna

Pendidikan kepada pengguna tentang ancaman keamanan, seperti phishing dan teknik serangan malware, dapat membantu mencegah mereka dari tindakan yang dapat menyebabkan infeksi.

Kesimpulan

PowerGhost merupakan ancaman yang mengerikan di dunia siber. Malware ini punya kemampuan untuk menyusup ke perangkat dan menggunakan sumber daya tanpa sepengetahuan pengguna. Dalam upaya melindungi diri dari serangan PowerGhost, penting untuk menggunakan perangkat lunak keamanan yang handal. Anda perlu juga memperbarui perangkat dan sistem operasi, berhati-hati terhadap tautan dan lampiran yang mencurigakan. Memantau aktivitas perangkat secara cermat juga hal yang harus dilakukan. Dengan langkah-langkah ini, kita dapat melawan PowerGhost dan menjaga perangkat dan data kita dari ancaman dunia siber.

Jaga Digital Security Anda dengan Heimdal Security

Solusi Terdepan untuk Proteksi Cyber

Heimdal Security adalah pilihan terbaik untuk melindungi data dan informasi sensitif Anda dari ancaman cyber. Dengan teknologi canggih dan pembaruan otomatis, Heimdal Security memberikan perlindungan yang andal dan efektif terhadap berbagai macam serangan malware, virus, dan ancaman siber lainnya. Jadikan keamanan digital Anda sebagai prioritas dengan Heimdal Security.

Proteksi Aktif Terhadap Serangan Malware

Dengan deteksi dini yang akurat, Heimdal Security mampu menghalau serangan malware sebelum mereka dapat merusak perangkat Anda. Dari serangan ransomware hingga trojan, Heimdal Security memastikan bahwa data berharga Anda tetap aman dan terlindungi. Lindungi informasi pribadi dan keuangan Anda dengan perlindungan terbaik dari Heimdal Security.

Jelajahi Internet Tanpa Khawatir

Heimdal Security memberikan Anda kebebasan untuk menjelajahi internet dengan percaya diri. Dengan perlindungan proaktif terhadap phishing dan malware, setiap langkah online Anda dilindungi dengan baik. Nikmati pengalaman online yang aman dan tanpa gangguan dengan Heimdal Security sebagai pasangan setia Anda di dunia digital.

CTA ASDF Heimdal

Baca juga: ISO 55002: Penjelasan dan Panduan Manajemen Aset yang Efisien