Add-Ons Maintenance Feature – Aplikasi CMMS

CMMS atau Computerized Maintenance Management System adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu dalam mengelola dan memelihara berbagai jenis peralatan, mesin, dan fasilitas di lingkungan industri dan manufaktur.

Salah satu aplikasi CMMS terbaik adalah TAG Samurai. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna dalam melakukan perawatan dan perbaikan peralatan dengan lebih efektif dan efisien.

Salah satu fitur unggulan dari TAG Samurai adalah Add-Ons Maintenance Feature, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan modul dan fungsi baru ke dalam aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail tentang fitur Add-Ons Maintenance Feature di aplikasi CMMS TAG Samurai dan manfaatnya bagi pengguna.

Apa itu CMMS?

Apa itu CMMS?

CMMS (Computerized Maintenance Management System) adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk membantu pengelolaan dan pemeliharaan berbagai jenis peralatan, mesin, dan fasilitas di lingkungan industri dan manufaktur.

CMMS software menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi kegiatan perawatan dan perbaikan peralatan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan.

Dalam CMMS, data tentang peralatan dan fasilitas dikelola secara terpusat, termasuk informasi tentang jadwal perawatan rutin, riwayat perbaikan, dan penggantian suku cadang.

CMMS juga dapat membantu dalam pemantauan dan pelaporan kinerja peralatan, sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan tentang perawatan, perbaikan, atau penggantian peralatan yang tidak efisien.

CMMS juga dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti sistem manajemen fasilitas (FM), sistem manajemen rantai pasokan (SCM), dan sistem manajemen aset (EAM) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Add-Ons Maintenance Feature – Aplikasi CMMS

Add-Ons Maintenance Feature - Aplikasi CMMS

TAG Samurai, sebagai solusi manajemen aset tetap yang lengkap, menyediakan Add-Ons Maintenance Feature untuk memudahkan pemeliharaan aset tetap. Add-Ons ini mendukung semua fitur utama dari Fixed Asset Management, serta menyediakan fitur-fitur unggulan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemeliharaan aset.

Fitur utama dari Maintenance Feature antara lain:

  1. Task Schedule
    Dengan fitur Task Scheduler, pengguna dapat membuat jadwal pemeliharaan secara cepat dan mudah. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur jadwal pemeliharaan secara periodik, seperti perawatan rutin atau penggantian suku cadang.
  2. PIC Assignment
    Fitur PIC Assignment memungkinkan pengguna untuk menugaskan seseorang untuk bertanggung jawab dalam memantau proses pemeliharaan aset. Pengguna dapat menentukan PIC (Person In Charge) yang bertanggung jawab untuk menyetujui atau menolak hasil pemeliharaan suatu aset.
  3. Automatic Reminder
    Dengan adanya Automatic Reminder dari TAG Samurai, pengguna akan mendapatkan pengingat otomatis tentang jadwal pemeliharaan aset. Pengingat tersebut terintegrasi dengan perangkat mobile pengguna, sehingga pengguna dapat memantau jadwal pemeliharaan kapan saja dan di mana saja.
  4. Full History Report
    Fitur Full History Report menyediakan catatan lengkap tentang seluruh aktivitas yang terkait dengan pemeliharaan dan perbaikan aset. Laporan ini dapat diakses secara real-time dan mendukung fitur eksport laporan ke dalam format yang dapat digunakan untuk keperluan analisis dan evaluasi.
  5. Detailed Maintenance Information
    Melalui fitur Detailed Maintenance Information, pengguna dapat memantau secara real-time dan rinci semua informasi terkait pemeliharaan dan perbaikan aset. Informasi tersebut dapat diakses melalui perangkat mobile maupun desktop, sehingga pengguna dapat memantau kondisi aset tetap kapan saja dan di mana saja.

Dengan adanya Add-Ons Maintenance Feature dari TAG Samurai, pengguna dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemeliharaan aset tetap.

Fitur Task Scheduler, PIC Assignment, Automatic Reminder, Full History Report, dan Detailed Maintenance Information akan membantu pengguna untuk melakukan perawatan aset dengan lebih baik dan terstruktur, sehingga akan meningkatkan umur pakai aset dan mengurangi biaya perawatan yang tidak efektif.

Fungsi Utama Add-Ons Maintenance Feature

Fungsi Utama Add-Ons Maintenance Feature

Fungsi utama dari Add-Ons Maintenance Feature adalah untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemeliharaan aset tetap.

Melalui fitur Task Scheduler, PIC Assignment, Automatic Reminder, Full History Report, dan Detailed Maintenance Information, pengguna dapat:

  1. Membuat jadwal pemeliharaan secara periodik.
  2. Menugaskan orang untuk bertanggung jawab dalam memantau proses pemeliharaan.
  3. Mendapatkan pengingat otomatis tentang jadwal pemeliharaan.
  4. Menyediakan catatan lengkap tentang seluruh aktivitas terkait dengan pemeliharaan dan perbaikan aset.
  5. Memantau secara real-time dan rinci semua informasi terkait pemeliharaan dan perbaikan aset.

Dengan adanya Add-Ons Maintenance Feature, pengguna dapat melakukan perawatan aset dengan lebih terstruktur, meningkatkan umur pakai aset, dan mengurangi biaya perawatan yang tidak efektif.

Cara Kerja Add-Ons Maintenance Feature - TAG Samurai

Cara Kerja Add-Ons Maintenance Feature – TAG Samurai

Aplikasi CMMS bekerja dengan cara mengelola data tentang peralatan, mesin, atau fasilitas yang perlu dikelola dan dipelihara. Berikut adalah beberapa langkah umum dalam cara kerja aplikasi CMMS:

  1. Pengumpulan data
    Data tentang peralatan, mesin, atau fasilitas dikumpulkan, seperti data spesifikasi teknis, jadwal perawatan, riwayat perbaikan, dan penggantian suku cadang.
  2. Pengolahan data
    Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dimasukkan ke dalam sistem CMMS, termasuk pengelompokan data berdasarkan jenis peralatan atau mesin, pengelompokan berdasarkan wilayah atau departemen, dan pengelompokan berdasarkan jadwal perawatan rutin.
  3. Perencanaan
    CMMS dapat membantu dalam perencanaan kegiatan perawatan dan perbaikan, termasuk jadwal perawatan rutin, perbaikan yang diperlukan, penggantian suku cadang, dan penjadwalan teknisi.
  4. Pelaksanaan
    Setelah perencanaan dilakukan, teknisi dapat menjalankan kegiatan perawatan dan perbaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  5. Pemantauan dan pelaporan
    CMMS dapat membantu dalam pemantauan kinerja peralatan, termasuk pelaporan tentang kegagalan peralatan, waktu henti, dan biaya perawatan.

Dengan bantuan aplikasi CMMS, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan peralatan, mesin, dan fasilitas, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya perawatan dan perbaikan yang tidak efisien.

Manfaat Penggunaan Add-Ons Maintenance Feature - Aplikasi CMMS

Manfaat Penggunaan Add-Ons Maintenance Feature – Aplikasi CMMS

Penggunaan aplikasi CMMS memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  1. Meningkatkan efisiensi operasional
    Dengan penggunaan aplikasi CMMS, perusahaan dapat melakukan perencanaan dan pengawasan kegiatan perawatan dan perbaikan peralatan, mesin, dan fasilitas dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi downtime yang tidak terduga.
  2. Menjaga ketersediaan peralatan
    Dengan penggunaan aplikasi CMMS, perusahaan dapat memastikan bahwa peralatan selalu tersedia dan siap digunakan kapan saja. aplikasi CMMS dapat membantu dalam merencanakan jadwal perawatan rutin, perbaikan, dan penggantian suku cadang sehingga peralatan selalu berada dalam kondisi yang baik.
  3. Mengurangi biaya perawatan
    aplikasi CMMS dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya perawatan dan perbaikan yang tidak efisien. Dengan merencanakan perawatan rutin dan memantau kinerja peralatan. Perusahaan dapat mencegah kegagalan peralatan yang dapat menyebabkan biaya perbaikan yang lebih tinggi.
  4. Meningkatkan keselamatan kerja
    Dengan menggunakan aplikasi CMMS, perusahaan dapat memastikan bahwa peralatan selalu dalam kondisi yang aman dan dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja.
  5. Meningkatkan pengambilan keputusan
    Dengan menggunakan aplikasi CMMS, perusahaan dapat memantau kinerja peralatan dan menghasilkan laporan. Hal ini dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang perawatan, perbaikan, atau penggantian peralatan yang tidak efisien.
  6. Meningkatkan kualitas layanan
    Dengan penggunaan aplikasi CMMS, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Serta memastikan peralatan selalu tersedia dan siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dengan demikian, penggunaan aplikasi CMMS dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas operasional sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Tertarik untuk mencoba TAG Samurai? Hubungi tim marketing ASDF.ID untuk informasi lebih lengkap terkait pengelolaan aset dan dapatkan demo secara gratis!

Dapatkan Demo TAG Samurai Secara Gratis, Untuk Mengetahui Selengkapnya!

Follow LinkedIn ASDF.ID untuk tips dan informasi menarik lainnya terkait manajemen aset perusahaan!